Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mengatakan segera menindaklanjuti rekomendasi dari BPK terkait capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2022.

"Kita akan membahas bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah dan DPRD mengenai laporan keuangan 2022," kata Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dalam keterangannya, di Tangerang, Minggu.

Meski berada di atas rata-rata nasional, Pemkot Tangsel ingin meningkatkan angka tindak tindak lanjut rekomendasi BPK dari saat ini 85,75 persen. "Dan ini akan saya tingkatkan mudah-mudahan bisa sampai 90 persen," katanya.

Menurut dia, pencapaian WTP LKPD 2022 tersebut berkat kerja keras seluruh pihak dari pemerintah dan juga stakeholder terkait yang membantu dan memastikan komitmen Pemkot Tangsel dalam tanggung jawabnya mengelola keuangan daerah.

"Tentu saja ini menjadi motivasi kami, memacu adrenalin kinerja teman-teman untuk terus sesuai patuh terhadap aturannya, output dan outcome, serta benefit-nya ini terus kita perhatikan," ujarnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Banten Emmy Mutiarini mengatakan pemeriksaan atas LKPD merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK.

Pemkot Tangsel telah menindaklanjuti 614 rekomendasi dari 716 rekomendasi atau 85,75 persen. Dengan demikian masih ada sisanya yang harus menjadi prioritas untuk segera ditindaklanjuti.

"Kita berharap agar hasil pemeriksaan tersebut dapat memberikan dorongan dan motivasi untuk terus memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023