Para atlet dan official dari cabang olahraga kempo Indonesia tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa sore (02/04), setelah mengikuti ajang 19 th IKF World Kempo Championships 2023 di Kota Caldas De Rainha, Portugal.

Dari sebanyak 21 atlet kempo tersebut, tiba di tanah air sekitar pukul 16.20 WIB melalui bandara Soetta dengan disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi setempat, Muhammad Tito Andrianto beserta jajarannya.

Adapun rombongan atlet kempo yang kembali setelah menjalani pertandingan dan berhasil menjuarai ajang World Kempo Championships Portugal itu terdiri dari 12 atlet putra, diantaranya adalah Ansori, Dio Siaga Putra, Dirhamsyah, Doni Samuel Harefa, Fadlun Rauf, Helga Algida, Muhammad Fajar Alkadafi, Muhammad Adib Mubarak, Muhammad Salahuddin Kevin Santosa, Rizwan Septiadin, Siauw Rudi, dan Zilane Alfajri,

Kemudian, 9 atlet putri adalah Akyla Alea Amanda, Annisa Rahmawati, Halimah, Lovita Sofnesia Hasibuan, Maria Devianeta Nanggor, Muthia Damatsa, Putri Daffa Dianlin, Shila Susiliana Palinbongdan Tia Agestin.

Chef de Mission Kontingen Indonesia Timbul Thomas Lubis di Tangerang, Selasa mengatakan bahwa Indonesia di ajang IKF mengikuti tiga sampai empat divisi pada kategori pertandingan tradisional. Dan berhasil jadi juara umum peringkat II untuk kategori Traditional Kempo, juara umum peringkat V untuk kategori fighting serta juara umum peringkat IV secara keseluruhan.

"Dari total 9 kategori pertandingan pada IKF, kita hanya mengikuti kategori tradisional kempo dengan 40 nomor yang diikuti 21 atlet. Hasilnya, kita membawa tiga trofi," katanya.

Ia menyebutkan, atas keberhasilan membawa tiga trofi dengan merebut 5 medali emas 10 perak dan 16 perunggu pada kejuaraan dunia ini merupakan kebanggaan yang luar biasa.

"Ini capaian bagus, dan para atlet juga bagus. Kedepan di Indonesia sendiri kita akan membuat sistem/aturan lengkap untuk kempo. Agar nex nya kejuaraan sesuai olimpic carter supaya kempo masuk Asia Indoor Games," ujarnya.

Dia menambahkan, setelah menyelesaikan World Kempo Championships dengan hasil positif. Maka pihaknya pun kini akan terus berupaya meningkatkan kualitas atlet-atlet Indonesia untuk dipersiapkan pada event selanjutnya kejuaraan Asia di Istambul, Turki bulan Oktober dan kejuaraan dunia di Turki pada April 2023 mendatang.

"Nanti juga kita lakukan pembinaan bagi para atlet-atlet muda untuk disiapkan di kejuaraan selanjutnya," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023