Pemerintah Kota Serang menggelar apel pagi Hari Pendidikan Nasional tahun 2023 yang dirangkaikan dengan hari otonomi daerah ke XXVI (27) tahun 2023 yang dilaksanakan di lapangan Puspemkot Serang, Banten, Selasa (02/05/2023).

Kegiatan apel pagi tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Serang Syafrudin dan diikuti seluruh Pimpinan OPD, Tenaga kependidikan serta Siswa/siswi SD, SMP se-Kota Serang.

Dalam sambutannya, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, upaya Pemerintah untuk terus mendukung program merdeka belajar tersebut terus dilakukan secara berkelanjutan.

Baca juga: Turunkan Banyak Program, Pendidikan Jadi Prioritas Bupati Serang

“Itu semua dibuktikan salah satunya dengan mewujudkan kualitas merdeka belajar yang sudah diterapkan di lebih dari 140 Ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia” kata Syafrudin.

Ia juga menyampaikan bahwa di Kota Serang sebanyak 365 Paud, 251 SD dan 76 SMP di Kota Serang sudah menerapkan kurikulum merdeka belajar.

“Terlaksananya pengangkatan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) guru oleh Pemerintah Kota Serang, ditingkatkannya sarana dan prasarana lembaga pendidikan, hal tersebut menjadi program pendukung dalam peningkatan merdeka belajar” ujar Syafrudin.

Selain hal tersebut, Walikota Serang Syafrudin juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Serang dalam peringatan hari otonomi daerah yang ke XXVII se-Indonesia yang dilaksanakan di Makassar, 

Kota Serang mendapatkan peringkat ke-7 dari 10 urutan Kabupaten/Kota predikat sedang, berdasarkan evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022.

“Tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan kewenangan untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan PAD dan pemerataan pembangunan” ungkap Syafrudin.

Menambahkan hal serupa, Kepala Dispenbud Kota Serang Tb. M Suherman mengucapkan bahwa saat ini Pemerintah Kota Serang terus mengedepankan program merdeka belajar sebagai peningakatan kualitas pendidikan.

“Selain memperingati hari pendidikan nasional, saat ini Pemerintah juga sudah mencanangkan bulan merdeka belajar, dukungan Pemerintah terhadap pendidikan sangat luar biasa daei mulai sarana dan prasarana, pelatihan guru juga program tentang guru pembelajar” ucap Suherman.

Selain itu, Kadispenbud juga menuturkan, Pemerintah Kota Serang juga terus berupaya dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan dengan mengangkat status guru menjadi P3K di Kota Serang.

“Total tahun ini kuota 1426 orang dari jumlah tersebut setelah melalui seleksi di Kota Serang pada tahun ini ada sekitar 900 orang lebih yang diangkat melalui P3K terhitung mulai bulan Mei ini” ujar Suherman.

“Tahun sebelumnya itu 400 orang lebih yang diangkat sebagai guru P3K untuk meningkatkan mutu pendidikan” sambungnya.




 

Pewarta: Weli

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023