Lebak (Antara News) - Potensi panas bumi Gunung Endut di Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak dapat memasok energi listrik di wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

"Saya kira potensi energi lsitrik itu dapat mengatasi sektor industri, pertanian, pertambangan, peternakan dan rumah tangga," kata Kepala Bidang Energi Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kabupaten Lebak Omas Irawan di Lebak, Selasa.

Selama ini, potensi panas bumi Gunung Endut belum dilakukan pelelangan oleh Badan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Padahal, potensi panas bumi berkapastitas 80 MW tersebut sudah dilakukan penelitian. Dalam penelitian itu dipastikan potensi panas bumi dapat membantu penambahan pasokan energi listrik wilayah Banten-DKI Jakarta.

Namun, hingga saat ini belum dilakukan pelelangan oleh Kementerian SDM. "Kami berharap potensi panas bumi Gunung Endut itu segera direalasikan," ujarnya.

Menurut dia, pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) itu tentu sangat membantu pasokan jaringan listrik, terutama untuk kebutuhan rumah tangga, industri dan peternakan.

Saat ini, wilayah Provinsi Banten begitu tumbuh perumahan dan industri serta peternakan sehingga memerlukan pasokan sumber energi listrik.

Panas bumi Gunung Endut Kabupaten Lebak pada posisi geografis daerah penyelidikan terletak pada posisi antara 106°15,22-106°22,39, BT dan 6°34,4-6°41,4, LS.

Daerah panas bumi Gunung Endut berupa mata air panas yang muncul di beberapa lokasi manifestasi di daerah Cikawah dan Handeuleum.

Mata air panas Cikawah 1 dan Cikawah 2 berada di bagian barat kaki Gunung Endut bersuhu 53 - 88°C, pH 7.74 - 7.98 dan debit sekitar 5 liter/detik.

Sementara mata air panas Handeuleum yang muncul di sebelah barat Cikawah bersuhu air panas 57°C, dengan pH 7.70 dan debit 3 liter/detik.

Selain itu, juga kubah-kubah vulkanik yang terbentuk di sekitar manifestasi Cikawah dan Handeuleum diduga menjadi sumber panas bumi.

Zona permeabel pada Formasi Sareweh dan Cimapag yang terkekarkan dengan kedalaman puncaknya sekitar 1.500 meter di bawah manifestasi air panas Cikawah dan Handeuleum diduga sebagai lapisan reservoir dalam prospek Gunung Endut.

Luas prospek panas bumi daerah ini diperkirakan 11 km2 dengan potensi cadangan terduga sebesar 80 MW.

Pasokan air meteorik (101 hingga 300 mm/tahun) meresap melalui zona resapan (60%), menjadi cadangan air bawah permukaan yang menopang eksistensi sistem panas bumi daerah ini.

"Kami berharap Kementerian SDM bisa melakukan pelelangan kepada perusahan yang benar-benar mampu mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga panas bumi itu," ucapnya, berharap.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016