Pandeglang (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten berharap potensi panas bumi di daerah itu bisa segera dimanfaatkan sehingga membantu penyediaan listrik bagi warga setempat.

"Potensi panas bumi kita cukup besar, jadi diharapkan bisa segera dikelola sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," kata Asisten Bidang Pembangunan dan Ekonomi Sekretariat Kabupaten Pandeglang Iskandar ketika dikonfirmasi di Pandeglang, Minggu.

Pemkab Pandeglang, kata dia, siap memfasilitasi perusahaan yang akan mengelola potensi panas bumi itu.

"Kalau memang diperlukan bantuan kita akan bantu, dan siap memfasilitasi pada perusahaan yang ingin mengelola potensi itu," ujarnya.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Pandeglang Girgijantoro menyatakan panas bumi di daerah itu berpotensi menghasilkan listrik 225 mega watt.

"Potensi panas bumi kita berada di kawasan Gunung Karang, dan kalau dapat dikelola perkiraan energi listrik yang dihasilkan bisa mencapai 225 mega watt (MW)," katanya.

Ia menyatakan, potensi panas bumi saat ini sedang dilakukan penelitian (eksplorasi)  oleh PT Sintesa Banten Geothermal (SBG).

"PT SBG ditetapkan sebagai pemenang tender ekspolorasi dan pengelolaan panas bumi yang dilaksanakan Dinas Pertembangan dan Energi Provinsi Banten," katanya.

Menurut dia, potensi panas bumi yang terkandung di bawah Gunung Karang tersebut belum diketahui, namun diperkirakan cukup besar.

"Memang baru perkiraan, nanti kita hasil dari penelitian yang dilakukan perusahaan itu," katanya.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016