Memasuki minggu ke empat Ramadan 1444H mayoritas masyarakat disibukkan dengan persiapan Lebaran. Salah satunya adalah mudik ke kampung halaman atau keluar kota. Ini menjadi momen yang paling dinantikan untuk berkumpul bersama keluarga meski harus meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. 

Agar mudik terasa nyaman, rumah yang ditinggalkan harus dipastikan dalam kondisi aman. Selama menjalankan mudik lebaran, pemudik perlu memperhatikan keamanan listrik demi mencegah hal hal yang tidak diinginkan seperti korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Baca juga: Dukung Mudik Lebaran 2023, PLN Banten Siagakan 12 SPKLU bagi Pemudik Mobil Listrik

General Manager PLN UID Banten, Abdul Mukhlis dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023) menghimbau masyarakat Banten untuk memastikan kembali keamanan kelistrikan pada bangunan yang akan ditinggalkan mudik.

“Menjelang pengujung Ramadan, sebagian masyarakat Banten akan melakukan mudik ke luar kota, untuk itu kami menghimbau kepada pemudik agar memastikan bangunan yang akan ditinggalkan dalam kondisi aman”, ujar Abdul Mukhlis.

Untuk itu, PLN memberikan beberapa tips aman kelistrikan sebelum mudik.

1. Pastikan alat elektronik dan instalasi listrik dalam kondisi aman dengan memeriksa kabel maupun fitting lampu di rumah dalam keadaan baik dan sesuai dengan ketentuan. 

2. Matikan aliran listrik yang tidak terpakai dengan mencabut tusuk kontak dari stop kotak untuk semua peralatan elektronik. Pastikan tidak hanya sekedar menekan tombol off atau posisi standby.

3. Hidupkan lampu penerang seperlunya seperti lampu teras dan halaman guna memastikan keamanan bangunan yang ditinggalkan.

4. Gunakan listrik secara resmi dengan memastikan bahwa listrik yang mengalir ke bangunan melalui kWh meter, tidak mengambil atau menyambung listrik dari tiang. Karena di kWh meter terdapat pembatas dan pengaman apabila terjadi korsleting di jaringan listrik.

5. Membayar listrik ataupun mengisi token terlebih dahulu untuk mengantisipasi listrik padam. Bagi pelanggan pascabayar pastikan telah membayar listrik di awal bulan maksimal tanggal 20 agar terhindar dari denda keterlambatan dan pemutusan listrik akibat keterlambatan pembayaran. 

Selanjutnya Abdul Mukhlis juga menyampaikan selama periode mudik lebaran PLN tetap bersiaga memberikan layanan kepada pelanggan selama 24 jam.

“PLN UID Banten bersiaga 24 jam selama periode mudik lebaran pada posko siaga maupun aplikasi PLN Mobile. Kami mulai melakukan masa siaga mulai tanggal 10 April sampai dengan 02 Mei 2023 untuk menjamin keandalan pasokan listrik khususnya pada tempat ibadah, sarana transportasi mudik dan kesiapan infrastruktur SPKLU”, jelas Abdul Mukhlis.

Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, di Banten juga sudah tersedia 12 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang lokasinya dapat di akses melalui fitur electric vehicle di aplikasi PLN Mobile.
 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023