Memasuki minggu keempat Ramadan 1444 H mayoritas masyarakat disibukkan dengan persiapan Lebaran. Salah satunya adalah berkunjung ke kampung halaman atau yang biasa disebut dengan mudik. Ini menjadi momen yang paling dinantikan untuk berkumpul bersama keluarga yang ditempuh baik dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Bagi pemudik yang memilih bepergian dengan kendaraan listrik tidak perlu was-was akan daya listrik kendaraannya, karena PLN telah menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di seluruh Indonesia. Khususnya untuk para pemudik yang melintasi wilayah Provinsi Banten, PLN juga telah menyiapkan 12 titik lokasi SPKLU yang bisa diakses melalui Aplikasi PLN Mobile.

Baca juga: Program Tambah Daya PLN Sangat Murah, Ratusan Ribu Pelanggan Rasakan Layanan yang Kian Mudah

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis memaparkan 12 titik SPKLU di Banten yakni:

1. SPKLU SOSORO MALL, 1 Unit Mesin.
2. SPKLU PLN UP3 BANTEN UTARA, 1 Unit Mesin;
3. SPKLU Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B),    1 Unit Mesin;
4. SPKLU Terrace 8 Suvarna Sutera, 1 Unit Mesin;
5. SPKLU PLN UP3 CIKUPA, 1 Unit Mesin;
6. SPKLU Mall Ciputra Tangerang, 1 Unit Mesin;
7. SPKLU Supermall Karawaci, 1 Unit Mesin;
8. SPKLU Apartemen Aeropolis, 4 Unit Mesin;
9. SPKLU Tangcity, 1 Unit Mesin;
10. SPKLU PLN UID Banten, 1 Unit Mesin;
11. SPKLU AEON, 1 Unit Mesin;
12. SPKLU Rest Area Pinang KM 13,5, 1 Unit Mesin

“PLN UID Banten bersiaga 24 jam selama periode mudik lebaran. Selain itu kami siap mendukung pemudik dengan kendaraan listrik agar tetap nyaman dengan bersiaga pada 12 titik SPKLU yang tersebar di Provinsi Banten", ungkap Abdul Muklis dalam keterangan tertulis, Rabu (12/4/2023).

Bagi pemudik yang akan menuju Pulau Sumatera atau sebaliknya, kini dapat menggunakan SPKLU PLN yang tersedia di Pelabuhan Merak. SPKLU ini merupakan jenis fast charging 50 kw dengan sumber arus AC dan DC dengan spesifikasi AC Type 2 – 22 kw, AC CHADEMO – 60  kw DC dan CCS 2 – 60 kw DC.

Sarwan, salah satu pemudik dari Jakarta yang akan pulang ke kampung halamannya di Lampung berkesempatan memanfaatkan SPKLU di Pelabuhan Merak ini. Sarwan merasa senang dengan keberadaan unit SPKLU yang baru di Pelabuhan Merak untuk mudik tahun ini.

"Sekarang saya merasa tenang saat mudik ke Lampung karena SPKLU ini tepat berada di tengah perjalanan perbatasan Jawa-Sumatera. Saya bisa charging mobil listrik sambil menunggu antrian masuk kapal penyebrangan", ungkap Sarwan.

Ditambahkan Sarwan, menggunakan mobil listrik ini merupakan pengalaman pertama kali setelah sekian lama mudik menggunakan mobil berbahan bakar bensin. Selain ramah lingkungan, sisi hemat biaya menjadi alasan utama untuk memakai mobil listrik, sambung Sarwan. 

Sarwan berharap agar SPKLU ini terus ditambahkan di rest area yang ada di sepanjang jalan tol lintas Sumatera. Hal ini karena menyiapkan keperluan mudik menggunakan mobil listrik lebih praktis tanpa perlu service mesin atau ganti oli dibandingkan mobil berbahan bakar bensin atau solar.

“Sehingga secara bertahap jumlah masyarakat yang memakai mobil listrik akan meningkat  dengan adanya infrastruktur titik SPKLU yang semakin bertambah banyak dan kemudahan dan ringannya biaya saat akan mudik menggunakan mobil listrik", harap Sarwan.

Untuk menambah kenyamanan pemudik dengan mobil listrik, saat ini pengguna dapat mengetahui lokasi SPKLU melalui PLN Mobile dengan membuka di menu Electric Vehicle kemudian SPKLU, maka pengendara akan otomatis melihat pada tampilan laman yang paling atas ialah SPKLU yang terdekat. Atau dapat juga melihat dengan tampilan peta dengan mengklik map.

Abdul Mukhlis berpesan bagi pemudik yang menggunakan mobil listrik selain menyiapkan kondisi mobil dengan baik, juga memetakan titik SPKLU dimana agar membantu dalam perencanaan pengisian daya dan jarak perjalanan yang ditempuh.

"Semoga mudik Lebaran 2023 dengan mobil listrik semakin nyaman dan asik," tutup Abdul.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023