Jakarta (Antara News) - Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jakarta menggelar kompetisi algoritma dan pemrograman dalam rangka meningkatkan minat dan kualitas mahasiswa.

Ketua pelaksana, Achmad Solichin di Jakarta, Jumat, mengatakan, tujuan kompetisi ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan semangat mahasiswa dalam mempelajari algoritma dan pemrograman. Sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas lulusan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur.

Selain itu juga untuk menjaring bibit-bibit unggul dari mahasiswa yang dapat dididik dan diarahkan untuk mengikuti kompetisi-kompetisi di bidang algoritma dan pemrograman.

Hingga menciptakan suasana akademik yang baik bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Teknologi Informasi.

Untuk peserta lomba, dijelaskannya, dari target peserta sebanyak 30 tim dengan masing-masing tim terdiri dari tiga orang mahasiswa. 

Namun dalam pelaksanaannya, ada 55 tim yang mendaftar. Dengan kata lain sebanyak 165 mahasiswa berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan ini.

"Dosen pengajar mata kuliah algoritma yang secara aktif memotivasi dan mendorong mahasiswanya untuk mengikuti perlombaan ini. Sehingga pesertanya begitu banyak," ujarnya.

Kompetisi algoritma terbagi dalam dua babak yakni penyisihan dan Final. Babak penyisihan diselenggarakan secara online. Sedangkan babak final, setiap tim harus menyelesaikan sejumlah soal menggunakan bahasa pemrograman C/C++ dalam waktu empat jam.

Dekan Fakultas Teknologi Informasi, Goenawan Brotosaputro mengatakan, algoritma adalah dasar dari ilmu komputer. Bahasa pemrograman apapun akan mudah dikuasai jika sudah menguasai algoritma. 

"Mahasiswa agar minimal menguasai satu bahasa pemrograman secara mendalam. Seseorang akan dengan mudah mengendarai motor atau mobil jika sebelumnya sudah bisa naik sepeda," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016