Serang (Antara News) - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten berkomitmen untuk melakukan perbaikan kinerja anggota DPRD serta mengoptimalkan peran Badan Kehormatan Dewan (BKD) untuk menegakan kedisiplinan anggota DPRD Banten.

"Kami meminta BKD untuk bekerja lebih optimal dalam mengawasi kinerja dan kedisiplinan anggota DPRD, diantara yang menjadi sorotan mengenai ketidakhadiran anggota saat sidang paripurna atau rapat-rapat," kata Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah saat berdiskusi dengan wartawan di Gedung DPRD Banten di Serang, Rabu.

Dikatakan, BKD harus memberikan sanksi kepada anggota dewan yang tidak hadir dalam paripurna ataupun rapat-rapat tanpa alasan yang jelas.

Bahkan jika perlu, badan kehormatan dewan mempublikasi atau mengumumkan nama anggota DPRD Banten yang tidak hadir dalam sidang tersebut.

"Ini untuk perbaikan anggota DPRD Banten pada Tahun 2016 ini," kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Asep mengatakan, pihaknya akan segera membuat komitmen bersama dengan para pimpinan fraksi di DPRD Banten supaya memberikan dukungan penuh terhadap badan kehormatan dewan, untuk mengoptimalkan perannya demi perbaikan anggota DPRD Banten.

Asep juga mengaku akan lebih terbuka kepada masyarakat sebagai fungsi kontrol terhadap dewan, dalam melakukan pembahasan berbagai program pembangunan terutama dalam pembahasan APBD Banten untuk tahun-tahun mendatang. Sehingga dengan keterbukaan tersebut bisa mendapatkan masukan-masukan dalri berbagai elemen masyarakat terutama dari kalangan pers sebagai bentuk fungsi kontrol terhadap kinerja DPRD Banten.

Pimpinan DPRD Banten juga berkomitmen untuk mendorong peran dan fungsi dari komisi-komisi dalam menjalankan fungsi pengawasan program pembangunan yang dijalankan mitra masing-masing komisi di Pemerintahan Provinsi Banten. Dengan demikian, salah satu fungsi dari DPRD yakni pengawasan tehadap knerja eksekutif, bisa berjalan maksimal dan akhirnya memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat Banten.

Wakil Ketua DPRD Banten Hj Muflikhah mengatakan, pihaknya terbuka bagi masyarakat untuk emnyampaikan kritik dan saran bagi angota DPRD Banten, sepanjang saran dan kritik yang disampaikan tersebut demi perbaikan kinerja anggota dewan dan kemaslahatan pembangunan di Provinsi Banten.

"Komunikasi adalah hal yang penting untuk membangun kebersamaan dan kemajuan pembangunan di Banten. Peran serta semua elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk memperkuat dan memajukan pembangunan Banten," kata Politisi PPP tersebut.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016