PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Banten, sepanjang Sabtu (8/4) menyeberangkan 24.464 pemudik Lebaran 1444 H/2023 menuju Bakauheni, Lampung.
 
Kepala Bagian Humas PT ASDP Cabang Utama Merak Putu di Merak, Minggu, pemudik yang menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni berjalan lancar dan belum terjadi kepadatan.
 
Berdasarkan data rekapitulasi Pelabuhan Merak jumlah pemudik, Sabtu tercatat 24.464 orang terdiri dari penumpang pejalan kaki 1.094 orang dan penumpang di atas kendaraan 23.368 orang.
 
Selain itu juga kendaraan sebanyak 6.501 unit terdiri dari roda dua 794 unit, roda empat 2.142 unit, bus 261 unit, truk 3.304 unit.

Baca juga: Penumpang pemudik Lebaran melalui Pelabuhan Merak mulai ramai
 
Selama ini, penyeberangan Pelabuhan Merak berjalan lancar dan semua pemudik langsung bisa diseberangkan.
 
Saat ini, kata dia, pemudik melalui Pelabuhan Merak belum terjadi lonjakan. Namun, mereka memilih mudik lebih awal saja untuk menghindari kepadatan dan kemacetan di perjalanan.
 
Pelabuhan Merak juga mengoperasikan sebanyak 29 kapal Ferry dengan 112 trip atau pulang pergi Pelabuhan Merak -Bakauheni.
 
"Kami mengoptimalkan pelayanan terbaik dengan lancar, nyaman,aman bahagia, senang dan berkesan hingga selamat sampai tujuan," katanya.
 
Ia menyebutkan, saat ini pemudik baik penumpang pejalan kaki maupun penumpang di atas kendaraan membeli tiket secara online.
 
Penjualan tiket bisa melalui tiketing ferizy secara online dan pengguna jasa bisa mengaksesnya dengan mudah.
 
Pembelian tiketing secara online dapat memperlancar penyeberangan tanpa terjadi kepadatan dan kemacetan arus lalu lintas.
 
"Kami minta pengguna jasa membeli tiket secara online dan berangkat tepat waktu sesuai jadwal penyeberangan,"katanya.

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023