Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, melalui Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan ramp check atau uji kelayakan bus-bus yang ada di Terminal Poris Plawad yang akan digunakan untuk angkutan mudik, setiap hari secara berkala.

"Sejauh yang telah dilakukan, bersama dengan BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek), ramp check yang telah dilakukan menunjukkan hasil yang sangat positif," kata Kepala Dishub Kota Tangerang, Achmad Suhaely dalam keterangan di Tangerang, Rabu.

Ia menuturkan ramp check dilakukan sebagai upaya inspeksi keselamatan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik, khususnya yang akan mengawali pemberangkatan dari Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

Ramp check menguji tiga hal, yakni administrasi (dokumen angkutan), hal teknis (kondisi angkutan), serta hal-hal penunjang lainnya

“Kami telah memeriksa 109 angkutan dan akan terus bertambah. Sampai dengan saat ini belum ditemukan angkutan yang dalam kondisi tidak layak (tidak lolos uji kelayakan), hanya temuan-temuan kecil yang bisa diperbaiki dan dilengkapi secara langsung,” ujarnya.

Pemudik dapat mengidentifikasi secara mandiri terkait angkutan yang telah melalui ramp check ini, karena angkutan yang tervalidasi layak telah dibekali tanda khusus, berupa stiker khusus di jendela depan tiap angkutan.

Setelah ramp check ini berjalan tuntas, arus mudik diharapkan bisa berjalan lancar tanpa hambatan, serta pelayanan terbaik dapat dirasakan para pemudik, khususnya yang berangkat melalui Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.

“Kami menghimbau seluruh calon pemudik untuk menggunakan angkutan yang sudah lulus uji. Hal ini diperlukan sebagai langkah mengedepankan keamanan dan keselamatan selama mudik lebaran nanti,” pungkasnya.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023