Tangerang (Antara News) - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memantau proses pemungutan suara di TPS 17 Perumahan Narada Alam Sutera, Serpong, Rabu, yang berada disamping kediaman Calon Wali Kota Airin Rachmi Diany.

Pantauan di lapangan, Mendagri yang mengenakan pakai batik warna hijau, diterima langsung oleh Airin yang sebelumnya sudah memberikan hak suaranya. "Tadi saya lebih awal pak untuk memberikan hak suaranya," kata Airin kepada Mendagri.

Setelah itu, Mendagri masuk ke dalam TPS dan diterima petugas KPPS lalu menanyakan mengenai pelaksanaan pencoblosan. Mendagri pun sempat memeriksa kotak suara yang diawali oleh tiga pengawas dari tiga pasangan calon.

Hanya saja, saat Mendagri memantau TPS tersebut, tidak ada warga yang memberikan hak suaranya. Sehingga, kondisi TPS terlihat sepi dan lebih ramai awak media.

Hampir 15 menit memantau TPS, kemudian Mendagri melanjutkan proses pemantauan ke Semarang dan Solo. "Saya akan ke Semarang dan Solo untuk memeriksa pelaksanaan Pilkada disana," ujarnya.

Mendagri berharap, dengan adanya penetapan hari libur nasional, maka partisipasi pemilih bisa lebih tinggi meski beberapa daerah tak melaksanakan Pilkada.

"Kalau warga Tangsel yang kerja di Jakarta dan disana libur, maka bisa memberikan hak suaranya. Maka itu diberikan libur nasional," tegasnya.

Mendagri menambahkan, Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu kota percontohan yang dipantau dalam proses Pilkada serentak.

Ia berharap, proses pelaksanaan Pilkada bisa berjalan lancar dan partisipasi pemilih bisa tinggi. "Harapannya, semua masyarakat di daerahnya yang menggelar Pilkada dapat memberikan hak suaranya," ujarnya.

Perlu diketahui, Pilkada Tangerang Selatan diikuti tiga pasangan calon yakni Ikhsan Mojo - Li Claudia nomor urut satu, pasangan Arsid - Elvier nomor urut dua dan Airin - Benyamin nomor urut tiga.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015