Serang (Antara News) - Kepolisian Daerah (Polda) Banten menyiapkan sekitar 3.500 personel polisi untuk mengamankan proses Pilkada serentak di tiga wilayah hukum yang menjadi tanggung jawab. Polda Banten.

"Kita sudah siapkan 3500 personel untuk tiga daerah yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kota Cilegon," kata Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Serang, Jumat.

Ia mengatakan, berbagai kemungkinan gangguan keamanan dalam proses pilkada serentak tersebut sudah diantisipasi. 

Sedangkan potensi gangguan keamanan yang paling rawan adalah bentrokan antar pendukung calon kepala daerah serta setelah pemungutan suara yang rawan terjadinya gugatan atau ketidakpuasan pasangan yang kalah.

"Paling rawan itu bentrok antar pendukung serta pasca pemilihan, karena biasanya ada ketidakpuasan sehingga melakukan gugatan-gugatan," kata Boy Rafli Amar.

Pihaknya mengimbau masyarakat untuk melaksanakan proses demokrasi secara dewasa dengan tetap menjaga kemanan dan ketertiban dalam proses pilkada tersebut.               

Sebelumnya Kepolisian Daerah (Polda) Banten melakukan doa dan dzikir bersama melibatkan ratusan masyarakat Banten, menjelang pelaksanaan Pilkada serentak 2015 tanggal 9 Desember mendatang agar berjalan aman dan lancar, di Mesjid At-tsauroh Kota Serang, Kamis (26/11).

Dzikir akbar dan doa bersama dalam upaya menghadapi Pilkada serentak di empat daerah di Banten, dihadiri Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar, Gubernur Banten Rano Karno, Wakil Ketua DPRD Banten Nuraeni, Ketua KPUD Banten Agus Supriyatn, para kiyai, ulama, tokoh masyarakat dan beberapa calon peserta pilkada.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, kegiatan dzikir akbara dan doa bersama tersebut merupakan silaturahmi dan doa bersama dalam rangka menghadapi pengamanan Pilkada serentak di Provinsi Banten.

"Melalui Do'a dan Dzikir Bersama , kita wujudkan Pilkada yang Langsung, umum, bebas, rahasia, aman, tertib, damai dan demokratis di Wilayah Hukum Polda Banten," kata Boy Rafli Amar. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015