Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Banten telah menyiapkan skema perbaikan untuk tanggul yang jebol di wilayah Periuk dan menyebabkan banjir di pemukiman warga.

Kepala Dinas PUPR Kota Tangerang, Ruta Ireng Wicaksono di Tangerang, Jumat, mengatakan skema perbaikan akan dilaksanakan melalui proses pemeliharaan yang dilaksanakan segera.

"Dinas PUPR Kota Tangerang akan menyiapkan skema perbaikan melalui langkah pemeliharaan," kata Ruta dalam keterangannya.

Ia mengatakan untuk penanganan sementara terhadap tanggul yang jebol telah dilaksanakan pemasangan kisdam (penyekat sementara) oleh petugas dalam menghentikan luapan air ke dalam pemukiman masyarakat

"Pemasangan kisdam memang menjadi tindakan sementara, untuk menghentikan luapan air ke dalam pemukiman masyarakat," katanya.

Dinas PUPR Kota Tangerang, lanjutnya, telah melakukan berbagai upaya penanganan ketika banjir terjadi pada hari Rabu (15/3) lalu dengan menerjunkan pompa portable, pemasangan kisdam dan kesiagaan petugas.

Tanggul saluran yang jebol berada di Garden City sepanjang dua meter dengan ketinggian 60 sentimeter. Titik tersebut sudah langsung ditangani menggunakan ratusan kisdam

Sedangkan untuk di Villa Mutiara Pluit yang jebol sepanjang 10 meter dengan ketinggian satu meter. Kerusakan juga ditangani menggunakan ratusan kisdam.

"Dua lokasi tersebut secara lalu lintas sudah kembali bisa dilalui, atau kembali normal. Wilayah Villa Mutiara Pluit warga yang mengungsi juga sudah kembali ke rumah masing-masing dan petugas gabungan sudah bergerak membantu proses pembersihan lingkungan dari sisa-sisa banjir," katanya.

Masyarakat Kota Tangerang yang membutuhkan penanganan petugas Kota Tangerang, baik terkait banjir atau bencana lainnya dapat menghubungi Call Center 112, LAKSA atau nomor telepon piket 24 jam BPBD di 021-5582144.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023