Pemerintah Kota Tangerang Banten telah mengembangkan 211 modul aplikasi untuk mempermudah urusan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat yang semuanya dapat diakses melalui Aplikasi Tangerang Live.

"Semangatnya adalah memudahkan penggunaan dan juga akses dari semua layanan yang ada," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah usai kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkot Tangerang dan Pemkot Jayapura di Ruang Patio, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin.

Ia menuturkan, penyediaan aplikasi ini adalah upaya mendorong sistem birokrasi yang lebih responsif, mudah, cepat dan tepat. Baik dalam hal pengembangan Smart City dan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), hingga peningkatan manajemen ASN berdasarkan sistem merit, serta program-program unggulan lainnya.

"Dan semua aplikasi ini, nanti bisa dipakai gratis daerah. Silakan juga, jika ingin sharing program kita sangat terbuka mumpung para kepala dinas pada hadir semua nih," katanya.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kerja sama dengan Pemkot Jayapura karena Pemkot Tangerang bisa membantu memecahkan berbagai persoalan di daerah.

"Diharapkan mampu menghadirkan solusi yang dapat membawa manfaat serta kemudahan pelayanan bagi masyarakat. Motivasi kami semua di sini untuk senantiasa bermanfaat dan bermaslahat, karena bagaimanapun juga kita memiliki tugas dan amanah yang sama yaitu menyejahterakan masyarakat sekaligus memajukan daerah," ujarnya.

Tak hanya itu saja, Pemkot Tangerang juga berharap kerja sama ini dapat menjadi ikhtiar bersama dalam upaya peningkatan pelayanan serta pembangunan di daerah masing-masing.

"Setiap daerah memiliki karakterisitik serta permasalahan yang berbeda sehingga akan menjadi baik jika kita sama-sama saling belajar agar dapat berkembang dan menemukan solusi dari setiap persoalan yang dihadapi," ujarnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, mengungkapkan, dirinya akan memanfaatkan kerja sama ini sebagai media pembelajaran untuk jajarannya dan berharap dapat membawa peningkatan dalam pelayanan dan pembangunan di Kota Jayapura.

"Kami ingin belajar lebih banyak dari Kota Tangerang dan saya kira ini awal yang baik. Ke depannya, semoga kami dapat mempelajari aplikasi dan juga berbagai program pembangunan lainnya. Contohnya adalah Tangerang Live Room yang sudah dibangun di Kota Tangerang ini, semoga nanti dapat kami pelajari juga untuk mengembangkan sistem command center di Kota Jayapura," ujar Wali Kota Jayapura.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023