Pemerintah Provinsi Banten mendukung Festival Teluk Banten dan Pulau Lima di Kecamatan Kasemen, Kota Serang menjadi wisata unggulan.

"Kita berbahagia sekali adanya Festival Teluk Banten. Kita juga mendorong untuk Bangga Berwisata di Indonesia khususnya kita di Provinsi Banten,” kata Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar di Serang, Ahad.

Baca juga: Pimpinan DPRD dorong pembangunan gedung pusat Kesenian Banten

Menurut Al Muktabar, kegiatan festival teluk Banten tersebut selaras dengan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia khususnya di Provinsi Banten.

“Kita dapat satu kawasan yang luar biasa, digagas untuk ke depannya menjadi pusat wisata kita. Kita sudah keliling melihat fasilitas yang sedang dibangun untuk kita canangkan Berwisata-lah di Provinsi Banten,” kata Al Muktabar.

Dia juga berharap Festival Teluk Banten bisa menjadi agenda wisata tahunan untuk bersama menikmati keindahan alam Provinsi Banten. Sentra wisata Pantai Gopek, Karangantu dan Pulau Lima Kota Serang, diharapkannya dapat menggerakkan potensi perekonomian masyarakat sekitar.

“Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan usaha lainnya, sama-sama kita dukung dan kita dorong untuk terciptanya pusat pengembangan pariwisata,” ungkapnya.

Al Muktabar juga optimistis Pulau Lima Kota Serang bakal menjadi wisata unggulan di Provinsi Banten. Terlebih adanya perencanaan untuk membangun tempat tambat bagi para petualang layar dunia untuk singgah mengisi logistik kapal.

Optimisme itu terbangun atas berkah Selat Sunda sebagai salah satu alur pelayaran dunia yang tersambung dengan Selat Malaka dan Laut China Selatan.

“Bersatu menjadi modal dasar pembangunan Provinsi Banten untuk mensejahterakan masyarakat Banten. Banyak capaian yang telah kita raih, namun harus banyak lagi capaian yang harus kita raih untuk menyempurnakan pembangunan Provinsi Banten,” katanya.

Festival Teluk Banten diikuti oleh 80 kapal hias nelayan memperebutkan hadiah Rp15 juta.

Dirangkai dengan Ziarah Kubro Pangeran Wijaya Kusuma dan Pangeran Jayadiningrat yang dipimpin oleh KH Ariman Anwar Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Anwar Kota Serang, rangkaian kegiatan selanjutnya pemancangan pembangunan Masjid Terapung Amirul Bihar, serta dimeriahkan oleh Seni Terbang Gede dan Pencak Silat khas Banten.

Sementara Pulau Lima memiliki sisi pantai yang landai, bersih, tenang, dengan air yang bening aman dan cocok untuk berenang bagi anak-anak hingga orang dewasa.

Di sisi lain, Pulau Lima juga memiliki pantai bersih dan berkarang menawarkan pemandangan dan udara segar bagi pengunjungnya. Pepohonan mangrove dan lamtoro menjadikan udara di Pulau Lima tidak terlalu panas alias sejuk.

Untuk mencapainya melalui perahu warga atau perahu nelayan melalui Pantai Gopek yang bersebelahan dengan Pelabuhan Perikanan Karangantu, Kasemen, Kota Serang. Harga sewa kapal pulang pergi Rp 300 ribu maksimal untuk 15 orang penumpang.*

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023