Pembangunan tata air drainase dan turap di 58 titik sepanjang tahun 2022 di wilayah Kecamatan Periuk Kota Tangerang Banten berhasil menjadi solusi dalam pengendalian banjir yang kerap terjadi di sejumlah pemukiman warga dan jalan.

"Dari sekian pembangunan yang ada, pengendalian banjir serta drainase sangat dirasakan masyarakat, karena dapat mengurangi debit air hingga tidak ada lagi banjir," kata Camat Periuk yakni Nanang Kosim di Tangerang, Minggu.

Nanang mengatakan program pengendalian banjir berupa tata air drainase dan turap yang dilaksanakan di wilayah Periuk selama tahun 2022 diantaranya dua sistem pengendalian banjir, satu kolam olakan, 47 drainase, lima pembangunan dan tiga rehabilitasi turap.

Pembangunan fisik lainnya yang telah dilaksanakan diantaranya satu unit gedung community center, 30 unit bedah rumah tidak layak huni 18 peningkatan jalan pemukiman, serta satu titik pembangunan trotoar.

Tak hanya fisik, pembangunan nonfisik pun telah diberikan kepada masyarakat di Kecamatan Periuk seperti biaya operasional peserta didik (BOP) kepada 11.920 siswa, 1.330 siswa pada program Tangerang Cerdas, bantuan sosial biaya pendidikan jenjang perguruan tinggi kepada 11 mahasiswa, bantuan sosial permakanan bagi beberapa kelompok seperti 38 keluarga sejahtera mandiri (KSM), 100 lansia kelompok rentan, dan 19 penerima penyandang disabilitas.

Bantuan nonfisik lainnya  yaitu pelatihan kerja, pelayanan KB ke 183 pengguna, pemberian kursi roda untuk 20 orang, pelaksanaan isbat nikah untuk 100 pasang, dan pemberian 7.524 bibit tanaman, serta 9.550 benih ikan untuk masyarakat.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan berbagai fasilitas dan pembangunan yang telah dilaksanakan merupakan dari hasil pajak yang dibayarkan oleh masyarakat.

Pemerintah Kota Tangerang pun mengajak peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan memanfaatkan fasilitas yang ada untuk meningkatkan kerukunan.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023