Serang (Antara News) - Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Provinsi Banten pada tahun 2015 menempa sebanyak 1.008 siswa lulusan SMA/SMK dalam berbagai keterampilan antara lain otomotif, teknologi mekanik, teknik las dan teknik listrik.

"Sebenarnya kami menyediakan berbagai jenis pelatihan, namun tahun 2015 hanya fokus pada tujuh program pelatihan kerja saja yaitu otomotif, teknologi mekanik, teknik las, teknik listrik, teknik elektronika, bangunan serta aneka kejuruan, kata Kepala BLKI Provinsi Banten Ubaidilah di Serang, Selasa.

Jenis program pelatihan yang disediakan BLKI Banten yang terlerak di Jelupang, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan itu adalah autoCad bangunan, autoCad manufaktur, computer numeric control, instalasi tenaga, konstruksi kayu (Furniture), las argon, las CO2, las industri, las SMAW, menjahit, mesin produksi, otomasi industri, otomotif mobil bensin, otomotif sepeda motor, teknologi informasi & komunikasi.

BLKI tidak hanya menyediakan pelatihan di bengkel BLKI saja, tetapi juga pelatihan berbasis masyarakat, yaitu mendatangi para calon siswa di rumahnya masing-masing. Pelatihan tersebut adalah pelatihan yang lebih menekankan pelayanan kepada objek secara langsung dan berdasarkan aspirasi dari masyarakat itu sendiri. "Ada sebanyak 440 siswa yang ikut program pelatihan berbasis masyarakat," kata Ubaidillah. 

BLKI Banten yang memiliki visi menjadi BLKI yang unggul di bidang keahlian dan keterampilan, dengan misi menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta sebagai institusi pelatihan yang berperan aktif dalam meningkatkan keahlian dan keterampilan yang berbasis kompetensi, kata Ubaidilah, siap mencetak tenaga-tenaga terampilan yang siap bekerja di perusahaan baik dalam maupun luar negeri.

"Kami tidak sekedar melatih saja, tetapi benar-benar ditempa sampai mereka siap pakai, karena memiliki instruktur yang handal dan dapat dipertanggungjawabkan dalam meluluskan mereka yang dilatih," kata Ubaidilah.

Oleh sebab itulah, kata Ubaidilah, bagi mereka yang lulus tidak hanya mendapatkan sertifikat pelatihan dari BLKI, tetapi juga mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang memperkuat mereka diterima bekerja di berbagai perusahaan.

Pelatihan tanpa dipungut biaya tersebut diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA/SMK yang berada di empat kabupaten dan empat kota dengan batas usia 17-35 Tahun, dan dapat mendaftar melalui online di website www.blki.bantenprov.go.id atau datang langsung ke kantor BLKI di Jalan Serpong Km.12 BSD, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Pelatihan pada 2015 yang mengalokasikan anggaran APBD sebesar Rp8 miliar tersebut, pada tahun 2016 juga dianggarakan yang besarannya tidak jauh dari tahun 2015 dengan jumlah siswa sekitar seribuan, kata Ubaidilah.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015