Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan, Banten mengoptimalkan sistem jemput bola ke pendonor dalam memenuhi target ketersediaan stok darah.

Ketua PMI Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany di Tangerang, Minggu mengatakan kegiatan sistem jemput bola ini tak hanya dilakukan saat akhir pekan tetapi juga di hari biasa termasuk pada siang maupun malam hari.

Sasaran pendonor pun pada komunitas hingga individu masyarakat di Tangerang Selatan. Maka itu dalam pelaksanaan di lapangan, PMI juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

“Yang pasti kita terus kita dorong, kita pasti akan bekerjasama dengan Dinkes Tangsel, kita akan dorong dengan seluruh pemangku kepentingan bahkan yang sering kita lakukan dengan TNI-Polri, biasanya mereka siap jika kita butuhkan,” kata Airin saat ditemui dalam kegiatan aksi donor darah di Jalan Benda Timur 5, Kelurahan Benda Baru, Pamulang, kota Tangsel. Minggu.

Selain itu dalam menghadapi bulan Ramadan mendatang agar ketersediaan darah tetap aman dan cukup, Airin menegaskan PMI tetap menerapkan pola jemput bola, baik di siang maupun malam hari.

Apalagi, lanjut Airin, fase donor darah sekarang tiap 60 hari sudah bisa berbeda dengan sebelumnya yakni harus menunggu tiga bulan untuk kembali melakukan donor darah.

"Jadi mudah-mudahan ketersediaan darah di bulan Suci Ramadhan serta lebaran bisa sangat terpenuhi, kita sudah MOU ada yg sudah sifatnya top down jemput bola ada juga yang bottom up seperti aksi masyarakat saat ini,” katanya.

Kemudian Airin juga menjamin ketersediaan darah di Kota Tangerang Selatan bakal tercukupi dalam memenuhi setiap kebutuhan rumah sakit maupun warga yang membutuhkan transfusi darah.

“Saat ini kantong darah kita 100 kantong per hari. Targetnya 3000 kantong setiap bulan. Maka itu kepada masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya agar bermanfaat kepada masyarakat yang membutuhkan transfusi darah sesuai dari kebutuhannya apakah golongan darah O, A, B, AB.

"Kami mengajak peran aktif masyarakat dalam melaksanakan donor darah karena manfaatnya sangat besar yang membutuhkan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023