Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten, meminta tenaga pendidik agar memotivasi siswa untuk mengembangkan soft skill terkait kebutuhan industri yang membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan lebih.

“Sekarang banyak sekali angkatan kerja setelah lulus SMK susah cari kerja. Itu harus menjadi catatan, karena sekarang perusahaan membutuhkan orang yang adaptif dan memiliki soft skill tinggi. Jadi, mari dorong semangat anak-anak untuk memiliki soft skill yang baik,” kata Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Pilar Saga Ichsana dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Pemkot Tangsel minta pelaku seni buat inovasi untuk lestarikan budaya lokal

Menurut dia, belajar bukan hanya terbatas di ruang kelas, sehingga guru dan tenaga pendidik harus mampu untuk menggali dan mendukung potensi anak belajar dari mana saja.

“Pendidikan bukan hanya di dalam kelas, juga perlu soft skill. Dari semua lapangan pekerjaan yang didahulukan adalah soft skill supaya anak-anak adaptif,” katanya.

Ia menuturkan hal ini perlu disiapkan dalam menghadapi perkembangan zaman demi kemajuan Kota Tangerang Selatan ke depan.

Oleh karena itu, pelajar juga bisa belajar berorganisasi dan mengorganisir karena akan melatih kemampuan untuk terus mengembangkan soft skill dalam menghadapi tantangan zaman.

"Selain itu, pelatihan bisnis dan IT juga perlu diperkuat karena kondisi sekarang luar biasa tantangannya,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023