Tangerang (Antara News) -Gubernur Banten Rano Karno mengajak seluruh pengurus dan jajaran Perhimpuna Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Banten untuk mengembangkan olah raga golf menjadi destinasi baru pariwisata olehraga atau 'sport tourism'.

"Untuk PHRI Banten yang berkiprah dibidang pariwisata khususnya sport tourism, kiranya dapat menjadikan tempat penyelenggaraan olah raga golf ini menjadi destinasi wisata baru, karena di Banten terdapat 10 padang golf dan dalam mendukung KEK Pariwisata yang ada di Tanjung Lesung," kata Gubernur Banten Rano Karno  saat membuka turnamen Golf antar perusahaan yang diselenggarakan PHRI Banten  di Lapangan Golf Karawaci, di Tangerang, Sabtu.

Menurutnya, pengembangan destinasi baru pariwisata dari sektor olahraga golf tersebut, diharapkan bisa mendorong wisatawan baik lokal maupun mancanegara, terutama para pecinta permainan golfp.

Gubernur juga mengajak atlet golf di Banten untuk terus melakukan pembinaan dan pengembangan olah raga tersebut.

"Untuk mencapai prestasi tinggi, kita harus melakukan perbaikan melalui terobosan, baik teknis mupun management," katanya.

Rano Karno juga sangat mendukung dan mengapresiasi kepada PHRI, BPBD dan Koni Banten sebagai penyelenggara. Ia berharap ajang tersebut benar-benar mambu menjadi embrio pembinaan golf di Banten kedepan. 

Dalam upaya meningkatkan kunjungan pariwisata dari sektor pariwisata olahraga, DPD Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Banten bekerja sama dengan Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi Banten KONI Banten, dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Banten, menggelar turnamen Golf antar perusahaan.

Turnamen golf diikuti sebanyak 130 atlet yang berasal dari perusahaan-perusahaan dan club golf yang ada di Banten dan turnamen tersebut memperebutkan Piala Gubernur Banten.

"Turnamen itu dilaksanakan setiap tahun, selain untuk meningkatkan sport tourism, juga untuk mendukung KONI Banten dalam mencari atlet golf dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON)," kata Ketua PHRI Banten Achmad Sari Alam.

Ia mengatakan, turnamen ini diharapkan dapat menambah objek wisata sport tourism di Banten selain wisata pantai, wisata religius dan wisata belanja, sehingga akan menambah kunjungan wisatawan di Provinsi Banten.

Ahmad berharap, melalui Turnamen Golf Piala Gubernur Banten 2015 ini, atlet cabang golf Banten akan sukses di ajang PON Jawa Barat 2016 mendatang.

"Atlet golf kita punya potensi bagus, apalagi dari beberapa turnamen yang digelar, Banten meraih prestasi bagus. Mudah-mudahan target meraih 2 emas di PON bisa tercapai," katanya.

Ketua Persatuan Golf Indonesia (PGI) Provinsi Banten Dadang Danusirih mengatakan, olahraga golf selain dijadikan sebagai prestasi, juga sebagai sarana rekreasi, bisnis dan olahraga bisa juga dijadikan kegiatan sosial.

"Kita juga hari ini memberikan santunan untuk tiga yayasan yatim piatu yang ada di Banten, dana ini berasal dari CSR perusahaan-perusahaan yang menjadi sponsor kegiatan ini," kata Dadang. 

Dadang mengatakan, PGI Banten akan menerjunkan 8 (delapan) atlet golf terbaik Banten yang terdiri dari 4 putra dan 4 putri pada PON Jawa Barat nanti, dengan target meraih 2 medali emas untuk kelas perorangan dan beregu.

"Kami juga berharap beberapa perusahaan ini menjadi bapak angkat (sponsor) untuk para atlet Golf Banten yang akan tampil di PON Jabar," kata Dadang.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015