Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten menyebutkan sebanyak 822 orang telah dikukuhkan dan dilantik sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

"Kemarin secara nasional serentak KPU melantik anggota PPS, dan di Kabupaten Tangerang sendiri KPU mengukuhkan sebanyak 822 orang sebagai anggota PPS," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Ali Zainal Abidin di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Pemkab Tangerang ajukan tambahan sebanyak 5.000 vial dosis vaksin penguat

Ia menyebutkan, dari 822 orang anggota PPS yang sudah ditetapkan ini nantinya akan ditugaskan di 274 desa/kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang dengan masing-masing tiap poskonya ada sebanyak tiga anggota PPS.

"Tentu dari jumlah ini akan ditugaskan di seluruh desa/kelurahan dengan dibagi tiga orang," katanya.

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil pembukaan calon anggota PPS yang dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 30 Desember 2022 terdapat 3.000 lebih orang melakukan pendaftaran baik secara online dan langsung ke KPU.

Kemudian, pada tanggal 6 sampai 8 Januari 2023 KPUD Tangerang melakukan verifikasi  administrasi dan selanjutnya di tanggal 9-21 Januari 2023 dilakukan seleksi bagi para calon PPS.

"Hingga dari tahapan itu terdapat 822 orang dinyatakan lolos dan menjadi anggota PPS Pemilu 2024 ini," ujarnya.

Ia mengungkapkan, bagi anggota PPS yang saat ini sudah diterima paling dekat akan disiapkan untuk mengawal verifikasi faktual calon perseorangan (DPD RI) yang sebarannya berada di wilayah Kabupaten Tangerang.

"Dan kami juga sekarang melaksanakan pendataan jumlah TPS untuk dilakukan penelitian serta pencocokan sesuai data pemilih. Kemudian kami sedang melakukan verifikasi terhadap dukungan calon DPD RI," ungkapnya.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023