Serang (Antara News) - Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) Provinsi Banten memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Cilegon yang tahun ini telah mampu memberikan secara gratis beras untuk masyarakat miskin (Raskin) kepada rakyat miskin di milayahnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten selaku Ketua Tim Koordinasi Raskin Banten H Agus M Tauchid di Serang, Jumat mengatakan setelah Kota Cilegon, maka pada tahun anggaran 2016 rencana yang sama dilakukan oleh Kota Tangerang dan Tangerang Selatan.

Agus secara khusus menyampaikan apresiasi kepada tim koordinasi raskin kabupaten/kota yang telah bekerja dengan baik, berkomitmen tinggi melakukan koordinasi yang berkelanjutan dengan pihak Bulog subdrive masing-masing dalam penyediaan beras sehingga tercapai penyaluran raskin dengan kualitas beras yang baik dan diterima masyarakat miskin dengan senang hati. 

Mengenai kualitas raskin, Agus mengatakan sampai dengan akhir April - Mei 2015 kualitas raskin yang disediakan Perum Bulog kondisinya baik.

Menurut dia, selain anomali iklim yang berjalan secara alami, harga pembelian pemerintah (HPP) untuk gabah dan beras masih fluktuatif meskipun pemerintah sudah menaikkan HPP untuk pembelian gabah dan beras.

"Kenaikan harga beras pada saat panen raya disebabkan pada akhir tahun telah dilakukan operasi pasar besar-besaran, sehingga stok beras kosong, semua beras hasil panen masuk ke pasar dan stok beras sedikit," kata Agus seraya menambahkan selain itu adanya isu impor beras menyebabkan para pelaku usaha menyimpan atau menimbun gabah/beras sehingga pasokan berkurang.

Sementara itu, Kepala Bidang Distribusi BKPP Banten Budiyana mengatakan realisasi penyerapan raskin reguler tahun 2014 mencapai 96,13 persen dari pagu setahun 94.712.040 kg, meningkat 4,25 persen dibandingkan tahun 2013 yang hanya mencapai 92,06 persen, meski masih di bawah realisasi nasional yang mencapai 99,26 persen.

Realisasi penyerapan raskin regular Banten sampai 27 Juli 2015 mencapai 86,29 persen dari pagu berjalan Januari-Juli 55.248.690 kg atau 50,34 persen dari pagu setahun 94.712.040 kg, kata Budiyana.

Tim koordinasi raskin kabupaten/kota yang telah merealisasikan bantuan keuangan untuk mendukung pendistribusian raskin dari titik distribusi sampai ke RTS PM yaitu Kabupaten Lebak dan Kota Tangerang Selatan. Realisasi sampai bulan Mei 2015 sudah mencapai 27,35 persen dari alokasi Rp7,2 miliar.

Kabupaten/kota lain yang belum merealisasikan diminta segera menindaklanjuti sesuai dengan surat Keputusan Gubernur Banten Nomor : 978/Kep.76-Huk/2015 berikut petunjuk pelaksanaannya, kata Budiyana.

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015