Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Banten tetap menggencarkan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat meski Pemerintah Pusat telah mencabut Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dini Anggraeni di Tangerang Rabu mengatakan vaksinasi terus dilakukan sebab yang dicabut adalah aturan PPKM, bukan pandeminya.

Baca juga: Pemkot Tangerang menghibahkan tanah di MAN 1 Tangerang kepada Kemenag

Ia menambahkan, vaksinasi yang terus digalakkan untuk membantu meningkatkan imunitas dan masyarakat harus semakin mandiri dalam mencegah penularan, mendeteksi gejala dan mencari pengobatan.

“Tidak ada yang berubah dengan layanan vaksinasi di Kota Tangerang. Semua fasilitas kesehatan seperti RSUD Kota Tangerang dan seluruh puskesmas di Kota Tangerang hingga saat ini terus membuka gerai atau layanan vaksinasi. Semua fasilitas kesehatan melayani vaksinasi dosis satu, dosis dua, booster satu hingga booster kedua untuk sasaran lansia,” katanya.

Untuk melihat jadwal layanan di masing-masing puskesmas, dijelaskan dr Dini masyarakat bisa mengunjungi Instagram Dinas Kesehatan di @dinkes.kotatangerang, lalu klik link di bio, pilih informasi vaksinasi covid-19 dan imunisasi, dan pilih puskesmas yang ingin dituju.

“Setiap puskesmas selalu mengupdate tanggal dan waktu layanan vaksinasinya, lengkap dengan jenis dosis yang mereka miliki. Jadi, masyarakat Kota Tangerang tinggal pilih sesuai kebutuhan dan waktu yang diinginkan. Ayo jangan terlena dengan PPKM yang telah berakhir, kita harus tetap jaga kekebalan tubuh diri sendiri, menjaga keluarga dan lingkungan, karena hingga saat ini kasus Covid-19 masih ada,” jelas dr Dini.

Sementara itu, dr Dini pun merinci cakupan vaksinasi di Kota Tangerang per (3/1) pada dosis satu sudah diangka 1.660.137 jiwa atau 99,7 persen, dosis dua 1.367.664 jiwa atau 82,1 persen, booster satu 839.161 jiwa atau 64,5 persen dan booster dua 12.293 jiwa atau 10,63 persen.

“Kita tidak terlena dengan cakupan vaksinasi ini. Terus kita galakkan, terus kita layani karena pandemi Covid-19 belum usai. Dengan ini, ayo tetap jaga protokol kesehatan, selalu pakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan. Segera vaksinasi Covid-19 ya buat kalian yang belum vaksinasi, karena vaksinasi itu investasi kesehatan,” katanya

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023