Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita meresmikan gedung pelayanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Kadupereng, Kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, (Selasa (3/01/2023)

Gedung pelayanan UPT Puskeswan yang diresmikan tersebut merupakan bangunan lama yang baru selesai direnovasi pada tahun anggaran (TA) 2022.
Bupati Pandeglang didampingi Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Setda Pandeglang Kurnia Satriawan  meresmikan secara simbolis dengan memotong pita.

Baca juga: Basarnas Banten masih cari warga Pandeglang terseret Sungai Cilemer

Hadir dalam acara peresmian, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Pandeglang Moh. Amri, Camat Karangtanjung Endin Haerudin Lurah Cigadung Ivan Hanafi Tihami, Sekretaris DPKP Pandeglang Uun Junandar, para kepala Bidang dan Kepala UPT di lingkungan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pandeglang.

Bupati Irna Narulita mengatakan, gedung pelayanan UPT Puskeswan Pandeglang sebelumnya kurang memadai. Namun, setelah direnovasi semakin representatif.
“Sehingga pelayanan terus meningkat. Kami ucapkan terimakasih kepada Kepala UPT, dokter hewan dan paramedik yang telah memberikan pelayanan kepada hewan ternak maupun hewan peliharaan,” ujar Bupati Pandeglang Hj. Irna Narulita  dalam pengarahannya usai meresmikan gedung pelayanan UPT Puskeswan Pandeglang di Kadupereng, kelurahan Cigadung, Kecamatan Karangtanjung.

Irna menjelaskan, idealnya memang Pusat Kesehatan Hewan di 35 Kecamatan ini ada 15 Puskeswan. Akan tetapi saat ini hanya ada satu UPT Puskeswan dan tiga Puskeswan Pembantu.

“Walaupun begitu, kinerjanya dinilai cukup baik dalam memberikan pelayanan hingga bisa melampaui target capaian. Insya Allah kita terus upayakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan hewan di 35 Kecamatan agar hewan peliharaan dan hewan ternak kondisinya sehat,” katanya.

Kepala DPKP Pandeglang Dr. Nasir, SP., MBA., MP mengatakan, Puskeswan Pandeglang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) operasional yang menangani bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner pada Dinas Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Pandeglang.

“Jumlah UPT Puskeswan saat ini baru satu Puskeswan dan tiga Puskeswan Pembantu,” katanya.

Dijelaskan, untuk UPT Puskeswan induk berlokasi di Kecamatan Karangtanjung. Sedangkan Puskeswan Pembantu berada di Kecamatan Menes, Labuan dan Kecamatan Cibaliung,” jelasnya.

Lebih lanjut, Nasir mengatakan, sepanjang tahun 2022 Puskeswan Pandeglang telah melampaui target pelayanan kesehatan hewan. Menurutnya target pelayanan Puskeswan Pandeglang dari 1.580 pelayanan terealisasi 2.591 pelayanan.

“Target capaian lebih dari 100 persen. Mudah-mudahan ke depan bisa bertambah untuk pelayanan Puskeswan,” katanya.

Kepala UPT Puskeswan Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, pelayanan kesehatan hewan di UPT Puskeswan Pandeglang saat ini sudah semakin lengkap meliputi pemeriksaan dan pengobatan penyakit, tindakan bedah kastrasi dan steril hewan kesayangan, serta tersedia layanan ultra sonografi (USG) untuk pemeriksaan kebuntingan

“Termasuk vaksinasi dan konsultasi. Pelayanannya setiap hari kerja, Senin sampai Jumat yang terbuka buat umum dan bisa kunjungan juga kalau ada hewan ternak yang tidak bisa di bawa ke Puskewan seperti hal nya kerbau dan sapi atau kambing dan domba,” katanya.

Ade menambahkan, tahun 2023 pihaknya menargetkan pelayanan kesehatan hewan sebanyak 6.000 pelayanan atau akan ditingkatkan tiga kali lipat lebih dibanding target pelayanan kesehatan hewan tahun 2022 sebanyak 1.580 pelayanan.

“Untuk mencapai target tersebut UPT Puskeswan Pandeglang akan mengoptimalkan jaringan pelayanan kesehatan hewan yang ada di Puskeswan Pembantu Kecamatan Menes, Labuan dan Kecamatan Cibaliung,” tandasnya.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023