Pandeglang (Antara News) - Calon Bupati Pandeglang nomor urut 1 Aap Aptadi berjanji akan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah guna mendukung perekonomian daerah dan masyarakat di daerah itu.

"Kita akan mengembangkan ekonomi kerakyatan dan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai basisnya," katanya saat ditemui usai mengikuti kampanye bersama di Pandeglang, Kamis.

Menurut dia, selama ini UMKM terbuka mampu bertahan terhadap berbagai krisis, bahkan saat Indonesia mengalami krisis moneter pun masih banyak yang mampu bertahan.

Selain itu, kata dia,  jika pelaku UMKM terus dikembangkan akan semakin banyak potensi sumber daya alam yang dikeloa serta membukan lapangan pekerjaan bagi warga Kabupaten Pandeglang.

Ia juga menyatakan di Kabupaten Pandeglang cukup banyak pelaku UMKM dan selama ini telah dibina oleh pemerintah daerah setempat, jadi jika nanti terpilih tinggal meneruskan  pembinaan serta mendorong agar bisa lebih berkembang.

"Saya dan calon bupati Dodo Djuanda berkomitmen untuk pengembangan UMKM ini, apalagi Pak Dodo mantan Sekretaris Kabupaten Pandeglang sudah pengalaman dalam melakukan pembinaan bagi UMKM," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pandeglang Olis Solihin menyatakan jumlah UMKM di daerah itu sebanyak 48 ribu unit, dan sebagian besar menekuni usaha ekonomi kreatif seperti anyaman dari bambu dan rotan, pembuatan emping melijo, sepatu, ikan asin dan cenderamata.

Pemkab Pandeglang, kata dia, juga terus melakukan pembinaan terhadap pelaku UMKM itu, baik terkait teknis usaha, peningkatan keterampilan,  pengepakan, manajemen hingga bantuan untuk mendukung pengembangan usahanya.

Ia menyatakan pembinaan perlu terus dilakukan agar kalangan UMKM lebih siap delam menghadapi pemberlakukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mulai diberlakukan pada awal tahun depan.

Selain itu, kata dia, para pelaku UMKM juga, secara bergiliran, diikutsertakan dalam berbagai kegiatan pameran, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional, tujuannya agar bisa melihat perkembangan usaha yang dilaksanakan oleh UMKM dari daerah lain.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015