Dinas Sosial (Dinsos) kabupaten/kota yang ada di Banten ikut serta berpatisipasi pamerkan produk UMKM khas dari masing-masing daerah asal dalam rangka peringati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Banten tahun 2022.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Pandeglang Nuriah di Serang, Rabu, mengatakan kegiatan ini diadakan oleh Dinsos Provinsi guna memeriahkan peringatan HKSN tahun 2022.

Baca juga: Dinsos Banten maksimalkan penanganan kesejahteraan sosial

"Kita punya potensi di lapangan, terutama pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) jago membuat kue," kata Nuriah saat memamerkan produk makanan khas Pandeglang.
 
Kadinsos Provinsi Banten Nurhana sedang membeli produk UMKM di stand Kabupaten Serang usai peringatan HKSN

Bukan hanya pendamping PKH, ada juga dari hasil karya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) binaan yang dipamerkan di 'stand' tersebut, tujuannya untuk mempromosikan produk-produk UMKM lokal agar bisa dikenal oleh masyarakat luas, sehingga pemberdayaan ekonominya berjalan.

"Kita ada program PRSE atau Perempuan Rawan Sosial Ekonomi, melalui Kelompok Usaha Bersama (Kube) disitu kita kasih modal untuk pelaku UMKM," kata Nuriah.

Kelompok Usaha Bersama Perempuan Rawan Sosial Ekonomi (KUBE PRSE) merupakan program khusus perempuan yang ekonominya di dalam keluarga.

Adapun jenis makanan yang dipamerkan oleh Dinsos Pandeglang terdiri dari beberapa macam makanan khas lokal Kabupaten itu.

 "Ada kue balok, Apem Kadu Bumbang, Jojorong, Pais, Bugis, opak, Emping, dan masih banyak makanan khas lokal Pandeglang lainnya," tutup Nuriah.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022