Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Banten maksimalkan penanganan kesejahteraan sosial di Banten dengan berkolaborasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, baik tingkat kabupaten/kota maupun Provinsi, guna menangani kemiskinan di wilayah itu.

"Kita akan lakukan dengan maksimal dan melanjutkan program kesejahteraan sosial yang masih diperlukan," kata Kepala Dinsos Provinsi Banten Nurhana usai peringati HKSN Tahun 2022 di gedung Plaza Aspirasi KP3B Kota Serang, Rabu.

Baca juga: Al Muktabar: peringatan HKSN Banten dimaknai "Kita Bangkit, Kita Bersama"

Ia mengatakan, program yang sudah dilakukan adalah pelayanan kesejahteraan sosial seperti, usaha ekonomi produktif bagi penyandang disabilitas serta pemberian-pemberian alat bantu lainnya.

"Kewenangan itu ada di kabupaten/kota, provinsi dan pusat, dan pada prinsipnya kita sudah melakukan penanganan secara maksimal," katanya.

Lanjutnya, menurut dia, program tersebut masih harus di lanjutkan. Kendati demikian, penyandang kesejahteraan sosial dianggap masih banyak di Provinsi Banten.

"Kalau dilihat data keluarga tidak mampu, disabilitas, orang terlantar itu masih banyak," ucap Nurhana.

Dalam hal lain, Nurhana mengatakan, kegiatan peringatan HKSN tingkat Provinsi Banten tahun 2022 ini adalah untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial. Selain itu juga sebagai stimulus berbagai gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun.

“Agar dapat menimbulkan kerekatan sosial, meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial,” katanya.

HKSN 2022 diperingati juga agar terciptanya kondisi sosial yang menjamin kesetiakawanan sosial mampu menjadi pilar dasar dalam mewujudkan Indonesia sejahtera .

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022