Laboratorium Kesehatan Kota Tangerang mendapatkan nilai penuh pada uji profisiensi pemantapan mutu eksternal Polymerase Chain Reaction (PCR) COVID-19 2022 oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Penanggung Jawab Laboratorium PCR COVID-19 Labkesda Kota Tangerang, dr. Muslimah di Tangerang Jumat mengatakan uji profisiensi pemantapan mutu eksternal PCR COVID-19 2022 merupakan bagian dari pemeriksaan rutin dari World Health Organization (WHO) dan Badan Kebijakan Pembangunan Nasional (BKPN)

"Kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh WHO dan BKPN. Kegiatan ini wajib dilakukan oleh seluruh laboratorium yang terdaftar di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan jumlahnya ada sebanyak 900 laboratorium," katanya dalam keterangan resmi yang diterima.

Dijelaskannya, tujuan dari uji pemantapan mutu eksternal ini adalah untuk memberikan pelayanan laboratorium yang terbaik, terpercaya, dengan hasil yang tepat dan akurat.

Ia melanjutkan, penilaian dilakukan dengan melakukan pengecekan terhadap enam sampel yang sudah diberikan oleh Kementerian Kesehatan kepada Labkesda Kota Tangerang.

Hasilnya, seluruh sampel tersebut sama dan sesuai dengan hasil yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan. Sehingga, Labkesda Kota Tangerang mendapatkan nilai penuh.

"Alhamdulillah sertifikat yang kami terima itu mendapatkan nilai penuh. Kami menerima enam sampel dari Kementerian Kesehatan dan seluruh sampel yang kami periksa, sesuai dengan apa yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan, dan dengan adanya sertifikat ini artinya Labkesda Kota Tangerang sudah terstandardisasi oleh Kementerian Kesehatan," lanjutnya.

Dengan diraihnya nilai penuh ini, Labkesda Kota Tangerang akan mempertahankan nilai tersebut, dengan menjaga kualitas dan melakukan pemeriksaan rutin bulanan serta memberikan pelayanan yang terbaik pada masyarakat Kota Tangerang.

"Kami akan mempertahankan nilai ini dengan menjaga kualitas dan melakukan pemeriksaan rutin bulanan dengan memvalidasi reagen yang kami dapatkan dari Kementerian Kesehatan. Kami berharap, kami dapat terus memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Kota Tangerang dan pandemi COVID-19 ini segeral selesai," katanya.

 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022