Jakarta (Antara News) - Diplomat Success Challenge (DSC) 2015 berhasil menjaring 90 calon wirausaha sukses berdasarkan seleksi 6.600 proposal (usulan bisnis) yang masuk ke panitia penyelenggara, selanjutnya kandidat tersebut akan menjalani seleksi untuk tahapan berikutnya.

"Animo masyarakat sangat luar biasa untuk mengikuti program ini, Setelah ditutup 12 Juni lalu proposal yang masuk naik 10 kali lipat dibanding DSC 2014," kata Ketua Dewan Komisioner DSC, Surjanto Yasaputera di Jakarta, Rabu.

Surjanto mengatakan peminat datang dari berbagai latar belakang. Selain mahasiswa dan mereka yang baru lulus kuliah, juga ada banyak professional yang mengirim proposal usaha. Sedangkan kalau melihat jenis usaha paling diminati adalah perdagangan (41%), kuliner (27%), industri kreatif (14%) dan agro industry (8%).

Sedangkan peminatan di bidang teknologi ramah lingkungan, energi, dan pariwisata jumlahnya masih belum signifikan.

Berdasarkan domisili peserta, jumlah peserta paling banyak berasal dari wilayah Tengah (Kalimantan, DIY dan Jawa Tengah) 55%, diikuti peserta dari wilayah Barat (Sumatera, Kep Riau, DKI Jakarta dan Jawa Barat) 26% dan dari wilayah Timur (Sulawesi, Jawa Timur dan Indonesia Timur) 19%. Serta ada diantara peserta dari luar negeri yang ikut berkompetisi.

"Seleksi awal dilakukan oleh satu tim yang terdiri dari 10 orang, mereka meneliti proposal yang masuk. Pertama kali kami melihat kelengkapan administrasi yang diminta dalam proposal, ada beberapa proposal yang tidak bisa diloloskan karena tidak lengkap,termasuk tidak adanya perhitungan cash flow

Pewarta: Ganet

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015