Tangerang (Antara News) - Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Banten, terus fokus melakukan pembenahan dan peningkatan dari sarana dan prasarana, fasilitas publik, pelayanan hingga kualitas pegawai itu sendiri.

Berbagai program pun diluncurkan bahkan Kecamatan Cibodas menjadi pilot project dalam implementasi kampung tertib aman melalui program rumah tiga pilar yang mensinergikan antara Kepolisian, TNI dan Pemkot Tangerang.

Camat Cibodas, Ahmad Boyke Syafei mengatakan, program pembangunan yang dilaksanakan diantaranya yakni pembangunan MCK, bedah rumah, penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU), perbaikan jalanan serta drainase.

Program tersebut, lanjutnya, sejalan dengan motto Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah sebagai daerah LIVE.

Sekretaris Camat Cibodas, Nurul Huda, mengatakan, Program yang dilakukan yakni analisis isu strategis, pengembangan kapasitas RT/RW, peningkatana pelayanan kulitas posyandu hingga proses penyaringan pemilihan kelurahan terbaik di kecamatan Cibodas.

Seluruh program tersebut, lanjutnya, sebagai bentuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kecamatan Cibodas mulai dari tingkat RT/RW hingga kecamatan.

Meski program tersebut dilakukan oleh seluruh kecamatan, tetapi kecamatan cibodas memiliki strategi agar peningkatan hingga pembangunan berjalan sesuai target. 

Misalnya saja Kelurahan Panunggangan Barat yang mewakili Kecamatan Cibodas sebagai kelurahan terbaik dan terpilih dalam urutan kedua atau masuk tiga besar. 

Kedepannya, tak hanya saja menjadi kelurahan terbaik namun seluruh kelurahan akan ditingkatkan menjadi yang terbaik dengan program seperti pembentukan kampung bersih, kampung tertib dan aman, kampung hijau hingga kampung sehat.

"Kedepannya, seluruh kelurahan memiliki program unggulan dengan karakteristik berbeda. Maka itu, kita bangun dengan peran aktifi warga di tingkat RT/RW," ujarnya.

Terkait kasus kekeringan di Kota Tangerang, Kecamatan Cibodas melakukan berbagai upaya agar warga tetap mendapatkan pasokan air bersih.

Camat Cibodas, Boyke Syafei mengatakan, kekeringan di kecamatan cibodas terjadi di tiga kelurahan yakni cibodas baru, cibodas dan uwung jaya.

Sebagian besar, kekeringan terjadi di komplek perumahan warga. Pasalnya, warga di perumahan mendapatkan air dari PDAM Tirta Benteng.

Walaupun demikian, kekeringan yang terjadi di kecamatan cibodas dapat diantisipasi dengan bantuan mobil tangki air. "Warga sudah terbantu dengan mobil tangki yang dikirim ke masing - masing komplek perumahan," ujarnya.

Camat juga meminta kepada Lurah untuk aktif menginformasikan kepada warga kaitan kondisi pendistribusian air. Sebab pintu air 10 saat ini masih dalam perbaikan.

Diharapkan, bila warga memerlukan bantu air bersih dapat disalurkan melalui tangki air. "Warga yang butuh air, bisa hubungi lurah atau koordinasi ke RT/RW dan dilanjutkan ke PDAM," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015