Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar optimistis nilai belanja penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN) akan terus meningkat seiring makin berkembangnya produk UMKM lokal di daerah itu.

"Kami yakin PDN akan semakin meningkat, dengan makin banyaknya masyarakat saat ini yang semakin sadar berbelanja dan konsumsi produk-produk lokal," kata Zaki di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Disnaker Kabupaten Tangerang rekomendasikan UMK 2023 naik sebesar 7,48 persen

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang akan terus berkomitmen untuk mendukung kebijakan nasional terkait peningkatan penggunaan produk lokal dalam memenuhi kebutuhan di daerah.

Dalam mendukung upaya tersebut, pihaknya melakukan perbaikan-perbaikan untuk meningkatkan penggunaan produk lokal, karena merupakan arahan Presiden Joko Widodo terkait Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Jadi sesuai arahan Presiden Jokowi seluruh pemda untuk melakukan perbaikan secara besar-besaran dari hulu hingga hilir dengan memperbanyak produk dalam negeri yang memiliki sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) agar kualitas PDN makin meningkat," katanya.

Ia menyebutkan, untuk nilai penggunaan produk lokal sendiri hingga kini, Kabupaten Tangerang berada di posisi lima besar di Indonesia sebagai daerah pengguna PDN.

"Syukur alhamdulillah Kabupaten Tangerang masuk dalam 5 besar daerah Kabupaten yang angka PDN-nya terbesar di Indonesia," ungkap dia.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan bahwa bangsa Indonesia harus memiliki strategi besar untuk menjadi lebih kuat dan mandiri di tengah situasi dunia yang bergejolak saat ini, dengan melakukan upaya peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Kita sedang menghadapi situasi dunia yang tidak baik-baik saja. Untuk itu, kita harus punya strategi besar dengan menggunakan kekuatan yang kita miliki agar makin kuat dan mandiri," kata Jokowi, di Jakarta, Selasa (29/11).

Presiden menambahkan salah satu strategi untuk makin kuat dan mandiri adalah meningkatkan penggunaan dan belanja produk-produk dalam negeri.

"Dengan membeli produk-produk dalam negeri itu akan membuka lapangan kerja sekaligus menghidupkan industri-industri kecil di dalam negeri sehingga perekonomian nasional akan terus bergerak dan tumbuh secara berkelanjutan," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022