Pemerintah Kota Tangerang melalui Disbudpar dan Dinas PUPR melakukan pemangkasan pohon di bantaran Kali Sabi agar tak ada sumbatan, sebagai upaya pengendalian banjir.

Kabid Pertamanan dan Dekorasi Kota Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Indri Suryani di Tangerang, Banten, Kamis, mengatakan pemangkasan dilakukan sebagai antisipasi adanya pohon tumbang saat hujan deras disertai angin kencang.

Baca juga: 1000 masjid di Kota Tangerang peroleh izin kelola zakat

"Langkah ini sebagai upaya melaksanakan program pengendalian banjir dengan melakukan pembersihan wilayah bantaran kali," katanya.

Dia menjelaskan pemangkasan pohon salah satu kegiatan rutin yang dilakukan Pemkot Tangerang melalui OPD terkait, terlebih memasuki musim hujan.

Pada kegiatan hari ini, pihaknya menurunkan 16 petugas dengan melakukan pemangkasan dan merapikan bantaran Kali Sabi serta pengangkutan sampah.

Ia menuturkan dalam kegiatan ini Tim Pemeliharaan Taman juga telah melakukan pemangkasan dan merapikan pohon di Kali Angke, Kali Sipon, dan Kali Sabi.

Selain petugas yang diturunkan, Indri juga berharap pengawasan dan pemeliharaan lingkungan kali juga hadir dari masyarakat Kota Tangerang, khususnya di sekitar kali tersebut.

“Bisa dipastikan, semakin banyak pihak yang peduli dan bergerak, maka lingkungan akan lebih terjaga, dan antisipasi akan cuaca buruk bisa lebih dikendalikan. Ayo jaga kebersihan lingkungan kita, jaga kelestarian kali atau sungai kita, untuk keindahan dan kenyamanan kita juga,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022