Tangerang (Antara News) - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengatakan, seluruh supir bus yang melayani arus mudik harus menjalani tes urine sebelum melakukan perjalanan.

"Kami ingin pastikan perjalanan mudik berjalan lancar dan kondisi supir dalam keadaan sehat tanpa adanya masalah," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat memantau kesiapan mudik di Terminal Poris, Selasa.

Ia mengatakan, tes urine akan dilaksanakan Pemkot Tangerang pada sepekan sebelum lebaran atau puncak arus mudik.

Sehingga para supir senantiasa dalam kondisi yang sehat dan siap untuk melakukan tugasnya yaitu mengantarkan para penumpang dengan selamat hingga tujuan.

Wali Kota menyampaikan meski intensitas arus mudik belum terlihat tinggi namun Pemkot Tangerang sudah melakukan berbagai persiapan serta berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Perhubungan, Kesehatan serta Satpol PP. Seperti halnya dengan mendirikan posko-posko di beberapa titik yang disebar di tiap kecamatan.

"Selain memberikan informasi, posko mudik, kesehatan kami sediakan untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemudik. Makanya kami turut siagakan juga satpol PP ditiap titik yang intensitas keramaiannya cukup tinggi," tuturnya.

Dalam tinjauannya, Wali Kota yang turut didampingi Kepala Dishub, Engkos Zarkasi turut mengecek persiapan sarana satu per satu yang ada di terminal tersebut.

Mulai dari kesiapan loket pembelian tiket dan kesiapan armada bus yang akan digunakan mudik lebaran hingga sarana penunjang terminal seperti ruang tunggu calon penumpang.

Wali Kota pun berdialog langsung dengan salah satu pemudik yang tengah berada di loket dan penumpang bus yang sudah siap berangkat. "Mudik lebaran kemana bu," ujarnya. "Wonogiri pak," jawab warga kecamatan Periuk itu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, EngkoS Zarkaysi, mengatakan, di Terminal Poris Plawad, telah terdata jumlah warga yang sudang berangkat mudik sejak H-15 hingga H-11 sebanyak 2.207 orang.

Berdasarkan data rekap harian jumlah penumpang dan kendaraan angkutan lebaran di Terminal Poris, ada 895 bus yang telah memberangkatkan penumpang.

Adapun rinciannya yakni 189 bus pada H-15, 156 bus pada H-14, 170 bus pada H-13, 205 bus pada H-12 dan 175 bus pada H-11.

Sedangkan untuk jumlah pemudik yang mengalami peningkatan terjadi pada H-12 dengan data 736 orang. Sedangkan pada H-15 ada 472 orang, H-14 ada 262 orang, H-13 ada 385 orang dan H-11 ada 352 orang.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015