Lebak (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten merealisasikan bantuan program rumah tidak layak huni (RTLH) Agustus 2015.

"Bantuan RTLH itu sebesar Rp800 juta bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) setempat," kata Kepala Bidang PLP Perkotaan dan Perdesaan Dinas Cipta Karya Kabupaten Lebak Ahmad Hidayat di Lebak, Jumat.

Ia mengatakan, program bantuan itu merupakan komitmen pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat juga  mengurangi tingginya angka RTLH yang ada di 28 kecamatan.

Saat ini, jumlah RTLH yang ada sekitar 25.000 unit, sehingga tidak mungkin bisa dituntaskan oleh APBD setempat.

Karena itu, pihaknya berharap pemerintah pusat dan provinsi membantu program RTLH tersebut.

"Kami berharap tahun depan program RTLH dapat ditingkatkan jumlahnya melalui bantuan APBN pusat dan APBD Provinsi Banten," katanya.

Menurut dia, program RTLH itu sangat diperlukan bagi masyarakat miskin untuk mendapatkan tempat tinggal yang memadai dan sehat.

Mereka warga miskin tentu cukup berat untuk membangun rumah yang layak huni itu.

Masyarakat yang mendapat bantuan program RTLH dengan pendapatan rendah di bawah Rp1,2 juta per bulan.

Selain itu juga kondisi rumahnya terbuat dari dinding bambu dan atap rumbia dengan lantai tanah, serta tidak memiliki kamar mandi maupun toilet.

Pemerintah daerah menggulirkan program RTLH untuk warga berpenghasilan rendah agar mereka memiliki tempat tinggal yang layak huni dan sehat.

"Kami berharap program ini dapat direalisasikan Agustus mendatang dengan berjalan lancar tanpa hambatan maupun kendala," katanya.

 Ia menyebutkan, pihaknya kini terus menerima usulan atau permohonan bantuan program RLTH baik dari kecamatan maupun kepala desa.

Meskipun realisasinya akan cukup sulit, terlebih adanya pembatalan bantuan program bedah rumah dari Kementerian Perumahan itu.

"Kami terus berupaya agar warga miskin yang belum mendapat program RTLH diharapkan tahun depan bisa terealisasi melalui bantuan peemrintah pusat," katanya.

Sementara itu, sejumlah warga Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak menyambut positif bantuan program RTLH sehingga dapat mendorong kesejahteraan bagi masyarakat miskin.

"Kami mendambakan memiliki rumah berlantai keramik dan berharap mendapat bantuan perbaikan rumah itu," kata Sukri, seorang warga Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015