Bupati Pandeglang Irna Narulita menekankan lembaga pendidikan atau sekolah di daerah itu harus ramah anak agar mereka menjadi betah untuk belajar karena merasa di rumah sendiri.

"Pendidikan ramah anak menjadi poin penting, dengan demikian anak datang ke sekolah merasa nyaman serasa di rumahnya sendiri," katanya saat memberikan arahan kepada para kepala sekolah dalam acara Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Managemen Kepala Sekolah di Pandeglang, Provinsi Banten, Rabu.

Baca juga: Pemkab Pandeglang berikan sertifikat halal gratis bagi 234 UMKM dan koperasi

Ia mengatakan sekolah bukan hanya tempat kegiatan belajar mengajar atau tempat anak melaksanakan pendidikan formal, namun harus menjadi rumah kedua yang nyaman dan menyenangkan anak,

Menurut Irna, untuk mewujudkan sekolah menjadi rumah kedua bagi anak, dibutuhkan tenaga pendidik yang mampu memberikan kenyamanan, baik pola didik maupun kepribadian para pengajar.

Ia mengatakan guru dan kepala sekolah harus memiliki kompetensi dan mampu menyesuaikan dengan kondisi perkembangan anak saat ini.

"Bagaimana saat menghadapi anak didiknya dan bagaimana saat menjadi motivator atau supervisi, semua harus beriringan dan menyesuaikan, " kata Irna.

Ketua PGRI Kabupaten Pandeglang Yustiyah mengatakan bimtek diikuti 253 kepala SD dan TK.

"Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan manajerial kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dan profesionalisme," kata dia.

Pewarta: Mulyana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022