Wali Kota Tangerang Selatan Banten yakni Benyamin Davnie mengatakan peluang tumbuhnya ekonomi kreatif dan UMKM sangat besar mengingat tingginya daya beli masyarakat serta ditunjang sarana dan prasarana memadai.

"Masyarakat Tangerang Selatan memiliki potensi daya beli yang tinggi. Sehingga pelaku UMKM dan industri kreatif dapat tumbuh di kota ini," kata Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie saat menghadiri kegiatan Pameran UMKM sekaligus Workshop Pengembangan Ekonomi Kemandirian dari UMKM yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Ciputat Timur, Senin.

Baca juga: Pemkot Tangsel ajak RT/RW tingkatkan komunikasi jaga keamanan wilayah

Benyamin mengatakan, Kota Tangerang Selatan memiliki sumber daya manusia (SDM) dan potensi untuk menjadi kota perdagangan dan kota jasa.

Hal ini karena banyak masyarakat yang menekuni bidang UMKM dan ekonomi kreatif. Kemudian ditunjang dengan lokasi yang strategis sehingga memudahkan untuk dijangkau. "Ini menjadi peluang bagi pengembangan ekonomi daerah," ujarnya.

Usai pandemi, kata dia, Pemkot Tangerang Selatan terus membuat terobosan bagi pelaku UMKM dan industri kreatif dalam kemudahan pemasaran.

"Karena saat ini perputaran ekonomi di "digital marketing" ini luar biasa, dan kita harus menerapkan itu di perdagangan," katanya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang Selatan kedepannya akan mengedepankan digitalisasi dalam setiap aspek pelayanan publik, termasuk di sektor perdagangan dan sektor jasa.

Ia menegaskan untuk mewujudkan hal tersebut maka dibutuhkan kolaborasi dalam membangkitkan kembali ekonomi masyarakat diantaranya melalui bazar dan pasar murah.

"Ini dilakukan untuk mengendalikan inflasi dan kembali menghidupkan ekonomi masyarakat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022