Swiss German University (SGU), Alam Sutera, Tangerang, Banten menggandeng University of Missouri Kansas City (UMKC) untuk memudahkan mahasiswa melanjutkan kuliah S2 di Amerika Serikat.

Penandatanganan kerja sama SGU dan UMKC dilaksanakan secara hybrid bertempat di kampus SGU, Prominence Tower, Senin.

Baca juga: SGU dan Re.juve kolaborasi ilmu dan teknologi serat pangan

Rektor SGU Dr. rer. nat. Filiana Santoso mengatakan kerja sama ini memudahkan bagi mahasiswa yang akan melanjutkan studi S2 ke UMKC melalui program jalur cepat lima tahun.

Dalam arti selama tiga tahun kuliah S1 di SGU setelah itu mahasiswa menamatkan studi S1 di UMKC selama satu tahun, serta melanjutkan studi S2 di tempat yang sama selama satu tahun saja, jelas Filiana.

Filiana mengatakan melalui kolaborasi dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka di luar negeri diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan agar berstandar global.

UMKC merupakan universitas terbesar di wilayah Kansas City, keunggulan lain Kansas dikenal sebagai kota di Amerika Serikat yang biaya hidupnya paling rendah.

UMKC menawarkan sebanyak 125 bidang akademik untuk memberi kesempatan kepada mahasiswa SGU meningkatkan karir secara global.

Filiana mengatakan mahasiswa yang melanjutkan kuliah S2 UMKC setelah lulus akan mendapat kesempatan untuk bekerja di Kansas.

"Bukan magang tetapi benar-benar bekerja karena UMKC berlokasi di kawasan bisnis. Kalau di sini seperti Cikarang," ucap Filiana.

Terkait biaya studi, UMKC juga menawarkan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi.

SGU sendiri akan mengawali program cepat ini dengan mengirimkan 10 hingga 15 mahasiswa terlebih dahulu.

Pewarta: Sambas

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022