Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengajak kepada semua pihak untuk berkolaborasi dalam meningkatkan pembangunan pesisir sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Hal ini penting mengingat dengan tata kelola pesisir yang baik diharapkan indeks pembangunan manusia juga meningkat, dan pada akhirnya daya saing sumber daya manusia akan semakin baik," kata Zaki dalam pembukaan gelaran Partnerships in Environmental Management for The Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Governments (PNLG) Meeting Summit 2022 di Tangerang, Rabu.

Baca juga: Bupati Tangerang Ahmed Zaki buka PNLG Forum 2022

Pemerintah Kabupaten Tangerang, kata dia, terus meningkatkan kawasan pesisir telah melakukan sejumlah pengendalian, salah satunya adalah melalui program Gerbang Mapan atau Gerakan Pengembangan Masyarakat Pesisir.

"Pemerintah melibatkan peran serta seluruh masyarakat pesisir agar tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Tangerang yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat pesisir dapat terwujud," ujarnya.

Ia menyebutkan, dengan program tersebut seluruh masyarakat di Kabupaten Tangerang akan mampu bersaing dalam menghadapi tantangan dan perubahan zaman yang menuntut efisiensi dan efektifitas dalam segala hal.

"Program Gerbang Mapan atau Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai, pemerintah telah melibatkan peran serta seluruh masyarakat pesisir agar tujuan dan sasaran pembangunan Kabupaten Tangerang yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan itu dapat terwujud," tuturnya.

Kendati demikian, lanjut dia, dengan terselenggaranya forum PNLG ini dapat menjadi pertukaran ilmu yang konstruktif bagi semua pihak yang terlibat.

"Semoga kita dapat berkolaborasi dalam melaksanakan program pembangunan pesisir, kita menyadari bahwa semua tantangan pembangunan akan mudah diselesaikan jika kita bekerja bersama dan berkolaborasi," ungkap dia.

 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022