Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Banten membagikan 62.000 bibit sayuran kepada masyarakat sebagai upaya menekan inflasi karena adanya kenaikan harga di pasaran serta mendorong pemanfaatan lingkungan rumah untuk bercocok bertanam.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman di Tangerang Rabu mengatakan bibit sayuran yang dibagikan ialah bibit cabai, terong dan tomat.

Baca juga: Pemkot Tangerang: Makam mbah buyut tidak direkomendasikan jadi cagar budaya

Masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan perkarangan rumah untuk menanam sehingga bibit sayuran ini bisa jadi asupan pangan bergizi, beragam dan seimbang.

Ia menjelaskan, Dinas Ketahanan Pangan telah menyiapkan 100.000 bibit dan 62.000 bibit yang siap pindah tanam. Pada tahap awal, telah dibagikan 10.000 bibit ke KWT Anggursari dengan 1.500 polybag.

"Hari ini dilakukan secara simbolis, sisanya nanti dibagikan door to door oleh KWT," kata Abduh Surahman di KWT Anggursari, Rabu.

Sementara itu, Sri Kholipah, Anggota KWT Anggursari menyatakan senang wilayahnya mendapat program pembagian bibit sayuran gratis ini. Terlebih, nantinya bisa mengurangi anggaran belanja hanya dengan bercocok tanam dari bibit yang dibagikan.

"Rencananya per warga akan mendapat enam polybag dengan dua bibit per jenis sayuran. Kami senang dapat program ini, harga cabai di pasar masih terus tinggi. Semoga ini juga bisa meningkatkan rasa keinginan warga dalam bercocok tanam di perkarangan rumah," kata Sri.
 

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022