Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyalurkan bantuan untuk masyarakat korban banjir di lima kecamatan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten sebesar Rp500 juta. 
 
"Kami mengapresiasi penyaluran bantuan untuk warga korban bencana alam itu," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Lebak Agus Reza Faisal di Lebak, Kamis. 

Baca juga: Dinkes Kabupaten Lebak instruksikan faskes stop sementara pemberian obat sirup
 
Penyaluran bantuan bencana alam Rp500 juta itu diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat di lokasi Jembatan Cimadur yang putus akibat diterjang banjir, Minggu (9/10).
 
Saat ini, kata dia, kondisi masyarakat di daerah itu terpaksa menyeberang menggunakan perahu karet dengan melibatkan BPBD Lebak dan relawan. 
 
"Kami berharap bantuan dari Gubernur Jabar dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang terdampak bencana banjir dan longsor," katanya menjelaskan. 
 
Menurut dia, dampak bencana alam di lima kecamatan di Kabupaten Lebak itu tercatat 
 655 rumah terendam banjir dan 124 rumah tanah longsor dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan.
 
Selain itu juga enam jembatan mengalami kerusakan hingga terputus dan 48 titik jalan terjadi longsoran dan 25 hektare areal persawahan terancam gagal panen. 
 
Bencana alam di lima kecamatan itu antara lain di Bayah, Cibeber, Panggarangan, Cilograng, dan Cigemblong akibat meluapnya empat sungai besar juga tidak menimbulkan korban jiwa. 
 
"Kami mencatat kerugian akibat bencana alam itu Rp23 miliar terdiri dari infrastruktur jembatan dan jalan Rp18 miliar dan sosial ekonomi Rp5 miliar," katanya. 

Pewarta: Mansyur suryana

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022