Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota Tangerang akan membangun "Taman Film" di pinggir Sungai Cisadane yang dilengkapi dengan Giant Screen.

"Konsepnya lagi kita rancang dulu dengan teman-teman komunitas dari Tangerang Visual Community (TVC)," kata Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja di Tangerang, Senin.

Dijelaskannya, maksud keterlibatan komunitas yakni untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap pembangunan kota.

Selain itu, revitalisasi pinggir kali cisadane sepanjang Jalan Benteng Makassar dan Jalan Berhias Kelurahan Gerendeng pun dalam perwujudan sebagai Kota Layak Dikunjungi.

"Saat ini kita juga lagi menjajaki kerja sama dengan pihak swasta terkait pembangunan giant screennya dan akan dilaksanakan pertengahan tahun ini," paparnya.

Pada tahun 2015, dari 130 taman yang dikelola Pemerintah Kota Tangerang, sebanyak enam taman akan dilakukan pemugaran diantaranya penataan Taman Benteng Betawi, Ecopark, Kawasan Benteng Heritage, Jam Gede di Cikokol dan Hutan Kota Depan Kantor Satpol PP serta taman Puspem. "Itu diluar taman yang sudah dibangun di tahun 2014," tambahnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menambahkan rencana revitalisasi tersebut menyusul konsep penataan Kawasan Pasar Lama yang telah terlebih dahulu diusulkan.

Dengan adanya program revitalisasi nanti diharapkan kawasan Pasar Lama dan sekitarnya bisa berkembang sebagai pusat perdagangan dan juga pusat taman wisata yang dilengkapi dengan pusat kuliner khas Kota Tangerang.

"Sungai Cisadane nanti bisa menjadi ecopark dengan tanpa menghilangkan fungsi Cisadane sebagai sumber air baku masyarakat Tangerang," ujarnya.

Sebagai tahap awal, Arief telah menginstruksikan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) untuk menghias pepohonan dengan lampu LED.

Selain tentunya juga dilakukan pemangkasan terhadap dahan pohon yang sudah sangat rindang.

"Agar kawasan pinggir Sungai Cisadane lebih indah dan mencegah aksi kejahatan yang memanfaatkan kondisi sekitar karena gelap," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015