Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan pembangunan Light Rail Transit (LRT) akan dibangun dari wilayah Ciledug hingga Terminal Poris.

Pembangunan LRT merupakan bagian dari penyediaan jasa transportasi massal yang disediakan Pemkot Tangerang," kata Arief R Wismansyah di Tangerang, Senin.

Selain itu, katanya, keberadaan LRT pun dapat mengatasi kemacetan di wilayah Kota Tangerang bahkan hingga ke Jakarta.

Mengenai jalur LRT, Arief mengatakan nantinya akan dibangun dari Ciledug melewati Metland hingga Puri 11 hingga Green Lake dan menyambung ke Terminal Poris.

Maka dari itu, tambahnya, Pemkot Tangerang akan melakukan penataan Terminal Poris untuk menjadi pusat integrasi antarmoda.

Sesuai dengan rencana, nantinya di Terminal Poris akan terdapat tujuh moda transportasi mulai dari LRT, Busway, MRT, Kereta Bandara, BRT dan lainnya. "Jadi, warga yang ingin pergi dengan waktu cepat bisa menggunakan LRT," paparnya.

Pembangunan LRT tersebut juga melengkapi rencana pembangunan jalur "elevated busway" dari Ciledug ke Blok M.

Pembangunan LRT dan elevated busway, katanya, posisi Kota Tangerang bisa bertransformasi sebagai salah satu central bussiness baru di kawasan barat Jakarta. Karena, saat ini pun sedang dilakukan pembangunan kereta bandara yang akan selesai pada awal tahun depan.   "Ditambah lagi dengan tol kunciran - bandara," ujarnya.

Pemkot Tangerang pun telah membentuk tim terkait pembangunan LRT dan akhir tahun ini pembangunan elevated busway segera dimulai.

Pemkot Tangerang pun sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta terkait pengembangan bus Transjakarta koridor XIII rute Tendean hingga Ciledug, ujarnya.

Begitu pula dengan rencana pengoperasian 40 armada Bus Transjabodetabek rute Tangerang - Kemayoran dan Tangerang - Blok M.

Saat ini, prosesnya sudah masuk tahap penyerahan dari Kementerian Perhubungan kepada operator. "Ciledug juga akan menjadi hub intermoda di kawasan selatan." jelasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015