Tangerang (AntaraBanten) - Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menyambut baik pembentukan "World Smart City Association" dalam rangka pembahasan mengenai penataan kota lebih fokus.

"Pemkot Tangerang sangat menyambut baik sekali rencana pembentukan world smart city association karena menjadi bagian dari percepatan perwujudan smart city," kata Arief dalam keterangan pers pada kegiatan  Asia Africa City Summit 2015 di Bandung.

Arief mengatakan, pembangunan smart city tak hanya fokus pada urusan teknologi seperti internet tetapi yang lebih utama adalah peran serta warga.

Misalnya saja seperti program Tangerang Ayo yang digalakan Pemkot dalam membentuk komunitas di setiap cluster perumahan warga. Hasilnya, warga mengelola sampah dan membangun lingkungannya sendiri karena tumbuh kesadaran dalam dirinya masing - masing.

Meskipun, Pemkot Tangerang akan melengkapi fasilitas publik dengan jaringan internet dan administrasi di pemerintah pun telah menjalankan program E - Governance.

Sementara itu, usulan mengenai pembentukan world smart city association disampaikan oleh Prof. Toshio Obi dari Waseda University, Japan.

Asia Africa City Summit 2015 pada hari Rabu (22/4) telah dibuka oleh Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan. Acara yang berlangsung di Bandung tersebut dihadiri oleh 24 Wali kota di benua Asia dan Afrika, termasuk tujuh wali kota dari Indonesia.

General Chairman AACS 2015, Prof Dr Suhono mengatakan, Acara Asia Africa City Summit (AACS) 2015 yang digelar  dari tanggal 22-23 April 2015. AACS merupakan rangkaian kegiatan dari Peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Africa.

Dalam acara pembukaan AACS tersebut, hadir pula Perdana Menteri Mesir H.E Ebrahim Mehleb dan 400 peserta lainnya yang terdiri dari wali kota di Indonesia dan pakar perguruan tinggi yang membahas mengenai masalah dan solusi kota-kota menuju smart city.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan bila AACS 2015 mengharapkan melalui acara ini bisa menghasilkan solusi optimalisasi dan manfaat teknologi dalam mengurangi kesenjangan antar negara.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015