Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota Tangerang akan membangun asrama haji, dan saat ini sedang dibuat detail engineering design (DED)-nya.


"Sekarang sedang dibuat DED-nya, untuk pembangunan fisik kita programkan tahun depan," kata Wali Kota Tangerang Arief  Wismansyah di Tangerang, Banten, Kamis.

Ia juga menyatakan master plan fasilitas umum untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat yang akan melaksanakan ibadah haji itu sudah ada.

Selanjutnya, sebagai komitmen untuk membangun Kota yang Berkakhlakul Karimah, Wali Kota berjanji akan mendorong pembuatan Peratuan Daerah (Perda) Diniyah.

Disisi lain, Arief mengharapkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Tangerang bisa memaksimalkan Zakat yang dikelolanya untuk kepentingan masyarakat Kota Tangerang.

Wali Kota juga mengajak kepada seluruh warga muslim yang merupakan warga mayoritas di Kota Akhlakul Karimah untuk bisa membayarkan zakat sesuai dengan kewajiban masing-masing.

Selain itu, Wali Kota juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk lebih terlibat aktif pembangunan dengan menciptakan hidup yang lebih berkualitas melalui sikap saling menghargai antar sesama. "Kalau sudah begitu, kita bisa menangkal faham-faham yang menyimpang," katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang Said Endrawiyanto mengatakan, pembangunan kampung haji berada di Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda, atau sebelah selatan Bandara Soekarno Hatta.

"Kita sudah siapkan lahan seluas 20 hektar dan kini menunggu bantuan dari pemerintah pusat untuk proses pembangunannya," katanya.

Nantinya, kampung haji tersebut akan menjadi tempat persinggahan para calon haji. Ditambah lagi, Pemprov Banten pun belum memiliki asrama haji.

Dengan demikian, maka jamaah calon haji dari Provinsi Banten tidak lagi perlu ke Bekasi tetapi di kampung haji tersebut.

"Kampung haji bisa menjadi asrama haji. Lokasinya sangat strategis dengan Bandara Soekarno-Hatta yang kini sedang dalam proses pengembangan," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015