Tangerang (AntaraBanten) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten, menandatangani perjanjian kerja sama pemenuhan ketahanan pangan dengan Komando Distrik Militer 0506 Tangerang.


Penandatanganan kerja sama  tersebut dilakukan Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dan Komandan Kodim (Dandim) Letkol Irhamni Zaenal di Tangerang, Jumat.

Kedua pihak menyepakati untuk bersama-sama mewujudkan ketahanan pangan di Kota Seribu Industri.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan dalam salah satu klausul kerja sama menyebutkan pihak Dandim siap untuk mendukung program pemkot dalam mewujudkan ketahanan pangan melalui program Tangerang Berkebun maupun pemanfaatan lahan produktif, sebagai sumber pangan di Kota Tangerang.

Sebagai langkah awal pemkot akan memaksimalkan lahan seluas 10 hektar yang ada di Kampung Gunung Cipondoh.

"Direncanakan lahan tersebut akan ditanami padi yang merupakan bahan makanan pokok masyarakat di Indonesia," kata Arief di markas Dandim 0506 Tangerang.

Wali Kota menjelaskan, dengan kondisi lahan persawahan di Kota Tangerang yang sudah sangat terbatas, pihaknya mencoba memaksimalkan lahan-lahan yang ada dengan menanami tanaman produktif yang tercermin melalui program Tangerang Berkebun.

Selain itu, di wilayah perkotaan, Wali Kota juga akan mendorong pengembangan sistem hidroponik  yang tidak memerlukan lahan yang luas di wilayah perkotaan.

Ia juga memaparkan persoalan ketahanan pangan tidak hanya terfokus pada persoalan keterbatasan lahan, tapi juga pada sistem distribusinya sehingga pangan sebagai komoditas  dagang memerlukan dukungan sistem distribusi dan perdagangan yang mumpuni dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

"Oleh karenanya pemkot selama beberapa tahun terakhir telah membenahi sistem distribusi dengan membangun infrastruktur jalan yang bagus dan memperbaiki sistem transportasi," ujarnya.

Komandan Kodim (Dandim) Letkol. Irhamni Zaenal pihaknya menyambut baik kerjasama ini dan akan bersama dalam mensukseskan program pemerintah yakni tangerang berkebun.

"Kami sambut baik kerja sama ini dan bisa menyukseskan Tangerang berkebun dalam ketahanan pangan," ujarnya.

Pewarta:

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015