Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) Kabupaten Tangerang, Banten melaporkan sebanyak 1.796 ekor hewan ternak di daerah itu telah divaksinasi PMK.

"Pada tahap pertama vaksin PMK dengan 600 dosis menyasar 597 ekor. Pada tahap kedua dengan 1.200 dosis menyasar 1.199 ekor. Jadi total ada 1.796 ekor," kata Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tangerang Hustri Windayani di Tangerang, Senin.

Baca juga: Permukiman di Kosambi Tangerang terendam banjir

Ia menyebutkan dosis vaksin PMK yang telah diterima Pemerintah Kabupaten Tangerang dari Kementerian Pertanian RI sebanyak 1.800 dosis, terealisasi untuk 1.796 ekor hewan ternak.

"Untuk target pelaksanaan kita lakukan di 29 wilayah kecamatan, tetapi saat ini baru 12 kecamatan dengan 38 desa," ujarnya.

Ia mengatakan Kabupaten Tangerang yang menjadi wilayah perlintasan pengiriman hewan ternak dari berbagai daerah ini terus berusaha melakukan pencegahan kemunculan kasus PMK.

Salah satunya, lanjut dia, dengan terus menggenjot capaian vaksinasi hewan ternak, seperti sapi dan kerbau, pengobatan ternak yang sakit serta pengetatan lalu lintas ternak.

"Kita juga akan melanjutkan vaksin PMK tahap ketiga di bulan September 2022 dengan alokasi dosis vaksin 1.600 dosis," katanya.

Ia menambahkan untuk capaian vaksinasi PMK di wilayahnya itu ditargetkan mencapai 70 persen dari tingkat populasi hewan ternak yang ada.

"Target kita itu dari populasi sapi dan kerbau paling tidak di atas 70 persen. Total populasi hewan ternak saat ini ada 4.671 ekor sapi dan 1.107 ekor kerbau," katanya.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022