Kelurahan Poris Plawad Utara, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang menampilkan lima produk unggulan, seperti sagon bakar, kembang goyang, dan lenting sultan dalam perlombaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Keluarga (UP2K) tingkat Provinsi Banten

Ketua TP PKK Kota Tangerang Aini Suci Wismansyah di Tangerang, Jumat, mengatakan (UP2K) Kelurahan Poris Plawad Utara mewakili Kota Tangerang dalam lomba tingkat Banten.

Dia menjelaskan ada 25 produk UP2K yang ditampilkan seperti makanan, minuman, hingga kerajinan tangan.

Sebanyak lima produk dari Kelurahan Poris Plawad Utara itu, ujar dia, memang identitas dari daerah setempat.

“Lima produk yang diunggulkan, di antaranya sagon bakar, lenting sultan, kembang goyang pelangi, sereh selasih, dan peyek. Untuk produk peyek ini telah merambah pasar luar negeri melalui reseller,” kata dia.

Pada tahap pertama, TP PKK Kota Tangerang melalui TP PKK kecamatan dan kelurahan diminta untuk membuat video ekspos dan profil terkait produk UP2K.

“Di tahap pertama, kami diminta untuk mengirimkan video ke PKK Provinsi Banten. Setelah itu, akan dikurasi sampai tiga pemenang dari delapan kota/kabupaten di Provinsi Banten, kalau sudah dipilih nanti TP PKK yang akan berkunjung dan melihat apakah sesuai antara video dan real nya di lapangan,” ujar Aini.

Sebelumnya, lanjut dia, TP PKK Kota Tangerang telah melakukan kurasi dari 104 kelurahan yang dilakukan satu tahun lalu dan terpilih UP2K Kelurahan PPU.

“Ada beberapa kriteria yang kami nilai, salah satunya bagaimana produk UP2K ini dapat mengikuti perkembangan zaman. Mulai dari warna, rasa, dan packaging-nya (pengemasan) luar biasa keren jada,” lanjutnya.

Aini pun berharap agar perlombaan ini dapat memacu UP2K Kelurahan PPU, Kecamatan Cipondoh untuk lebih baik dan kreatif lagi dalam memproduksi karyanya.

“Juara itu bonus, tapi yang paling penting konsisten dari UP2K untuk menghasilkan produk yang terbaik dan semoga dengan adanya perlombaan ini menjadi motivasi bagi UP2K di kelurahan lainnya,” katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022