Mahasiswa KKN Tematik yang berasal dari perguruan tinggi se Jawa barat dan Banten menggelar seminar dan pelatihan teknologi desa guna mengembangkan UMKM di Desa Sorongan Pandeglang Banten.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (10/8/2022) di Aula SDN Sorongan 1 Kecamatan Cibaliung Kabupaten Pandeglang Banten tersebut dipilih karena desa tersebut memiliki ciri khas yakni gula aren, kelapa dan pisang, yang masih banyak orang belum mengetahuinya, serta penjualan dan proses pemasaran masih belum memaksimalkan teknologi dan perkembangan platform media penjualan online.

Atas keresahan dan dukungan dari perangkat desa, maka sebanyak 19  mahasiswa dan satu orang dosen pembimbing lapangan melakukan seminar dan pelatihan teknologi UMKM dengan mengusung tema “Pemanfaatan Digital Marketing UMKM Berbasis Kearifan Lokal Menuju Masyarakat Unggul dan Berdaya Saing di Era New Normal”.

Mahasiswa KKN Tematik LLDIKTI IV yang berjumlah 19 orang tersebut merupakan gabungan dari 13 perguruan tinggi di Jawa Barat dan Banten yang terdiri dari Universitas Al Khairiyah, Institut Teknologi Garut, Universitas Subang, Universitas Mandiri, Universitas Muhammadiyah Tasikmaslaya, Universitas Buana Perjuangan Karawang, Universitas Pamulang, Universitas Pramita Indonesia, Universitas Mathla’ul Anwar Banten, Universitas Bina Bangsa, STISIP Banten Raya, Universitas Raharja dan Universitas Pembangunan Jaya.

Acara yang dihadiri oleh para pelaku UMKM serta perangkat desa dan tokoh masyarakat yang ada di Desa Sorongan itu diisi langsung  oleh guru besar dari LLDIKTI IV  yaitu Prof.Dr.Hj.Mulyaningsih,M.Si yang dipandu oleh Dosen Pembimbing Lapangan  M.Fulaisum Firdaus SE., MM  dari Universitas Al Khairiyah. 

Acara tersebut berjalan dengan lancar dan pelaku UMKM antusias serta banyak sekali ilmu dan juga masukan yang diterima baik oleh para pelaku UMKM dari pemateri.

Reza selaku ketua pelaksana, mengemukakan bahwasanya kegiatan itu akan berlangsung selama tiga hari. Selain seminar yang sudah digelar hari itu, kegiatan  juga akan dilanjutkan dengan pelatihan yang nanti akan diisi oleh pemateri dari Diskoperindag Kabupaten Pandeglang di hari kedua, dan dari teman-teman mahasiswa di hari terakhir. 

"Harapan kami dari kegiatan ini ada output positif yang tercipta, salah satunya adalah bisa meningkatkan kreatifitas seluruh warga yang ada di Desa Sorongan untuk terus belajar dan terus mengikuti perekembangan zaman secara baik  serta mampu berinovasi untuk terus meningkatkan eksistensi desa sorongan di ranah nasional bahkan internasional," kata Reza.



 

Pewarta: Lukman Hakim

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022