Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan kegiatan imunisasi lengkap dalam program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) ditujukan untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak.

"Imunisasi dasar lengkap itu penting bagi balita. Jadi manfaatkan fasilitas yang sudah diberikan," kata Wali Kota Arief di Tangerang, Banten, Selasa.

Wali Kota Arief juga menambahkan bila fasilitas kesehatan seperti gedung posyandu bisa digunakan untuk pelayanan lainnya bagi bayi dan balita seperti penimbangan dan pemberian gizi.

"Karena kesehatan bayi merupakan salah satu hal yang menjadi perhatian Pemkot Tangerang," katanya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan telah memulai melaksanakan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat kota secara serentak di 55 posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Dinni Angraeni mengatakan kegiatan BIAN akan dilaksanakan hingga 14 September 2022 mendatang.

Untuk targetnya, berdasarkan Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian yaitu 158.000 sasaran. Sedangkan berdasarkan data Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kota Tangerang ada 129.000 sasaran. Namun, secara pelaksanaannya Dinkes akan berusaha menyaring seluruh anak wajib imunisasi dasar secara maksimal,” kata dr Dini di Posyandu Wijaya Kusuma, Kelurahan Pondok Pucung, Kecamatan Karang Tengah kemarin.

Ia pun menjelaskan, BIAN digelar untuk menggelar angka capaian yang turun karena pandemi COVID-19. Ini merupakan kepentingan, untuk membentuk imunitas anak-anak Kota Tangerang yang dapat terhindar dari penyakit menular melalui imunisasi dari penyakit polio, difteri, tetanus, campak rubella, hepatitis dan lainnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2022